Kanal

Hadapi Globalisasi Informasi, LAM Riau Gelar Seminar Bagi Mahasiswa

RIAUIN.COM- Upaya menghadapi globalisasi informasi dan perkembangan media sosial, Lembaga Adat Melayu Riau menggelar seminar sehari bagi mahasiswa di Riau. Kegiatan tersebut akan digelar, Sabtu (17/12/2022) besok dengan peserta tak kurang dari 85 mahasiswa.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPD), Datuk H Taufik Ikram Jamil dalam giat sembang-sembanh pers di ruang rapat Balai Adat Melayu Riau, (LAMR) Provinsi Riau, Jumat (16/12/2022). Seminar sehari tersebut mengangkat tema "LAMR: Sejarah, Kenyataan dan Masa Depan (Milenial Gen-Z)".

Datuk Seri H Taufik Ikram Jamil kepada media mengatakan, seminar akan diikuti oleh kaum muda dari kalangan mahasiswa dari 6 universitas di Pekanbaru dan juga pengurus LAMR.

"Insya Allah, besok kita gelar diskusi soal LAMR. Kita memang sengaja mengundang kaum muda, karena masa depan adat dan kebudayaan itu berada di tangan generasi muda," ucapnya.

Dikatakannya, kebanyakan generasi muda minim informasi soal adat dan kebudayaan. Ini yang membuat kekhawatiran tokoh adat Riau.

"Jika tidak kita berikan informasi soal adat dan kebudayaan ini kepada mereka, maka adat istiadat kita akan tergerus. Ini lah salah satu tujuan dari kegiatan yang akan kita laksanakan," kata Datuk Taufik Ikram, mantan jurnalis senior itu.

Dalam hal ini LAMR akan menghadirkan Narasumber Prof DR Moechtar Ahmad, Drh Chaidir, Fauzi Kadir SH MH, OK Nizami Jamil, Datuk Seri H Taufik Ikram Jamil, dan Datuk Syaukani Al Karim.

Sesuai dengan random acara yang disampaikan, diskusi akan dimulai dari pemaparan sejarah tentang berdirinya LAMR oleh OK Nizami Jamil. Disambut dengan pembentangan materi oleh Datuk Seri H Taufik Ikram Jamil.

Selanjutnya Prof DR Moechtar Ahmad yang menyampaikan soal kebudayaan Melayu dan kemungkinan masa depan. Diteruskan dengan pemateri lainnya Fauzi Kadir, Chaidir dan Syaukani.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler