Kanal

RSUD Puri Husada Tembilahan Senam Bersama Peringati Hari Osteoporosisi

RIAUIN.COM- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan menggelar Senam Osteoporosis bersama jajaran di lingkungannya. Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Sedunia, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di depan Gedung baru RSUD, Jalan Veteran Tembilahan ini diikuti oleh dr Irianto SpPD, Ketua Perwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) Inhil Hj Marwiyah Afrizal dan puluhan pegawai RSUD Puri Husada Tembilahan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Perwatusi Marwiyah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya, karena RSUD Puri Husada Tembilahan turut melaksanakan peringatan Hari Osteoporosis Sedunia. Dimana, pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan ini pada Ahad 23 Oktober 2022 secara serentak di seluruh Indonesia.

"Kami Perwatusi Inhil melaksanakannya di lapangan Car Free Day (CFD) pada hari Minggu yang lalu, kita senam bersama dan diikuti oleh semua masyarakat serta dilakukan serentak di seluruh Indonesia," ujarnya.

Dijelaskan isteri Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Inhil ini, pasca dibentuk dan dikukuhkannya Perwatusi Inhil pada tahun 2021 lalu, pihaknya telah mengagendakan kegiatan Senam Osteoporosis secara rutin.

"Tugas kami adalah memperkenalkan senam ini kepada masyarakat, kami berdiri dan dibentuknya pada tanggal 12 Oktober yang lalu dan dikukuhkan pada tanggal 28 November 2021. Alhamdulillah, setelah terbentuk kami langsung melakukan berbagai kegiatan walaupun tanpa bantuan dana, belum ada dananya jadi kita berusaha melibatkan berbagai lembaga sehingga acara kita bisa tetap terlaksana, sehingga alhamdulillah pada saat sekarang ini kami telah melaksanakan semua secara rutin di beberapa tempat," terang Marwiyah.

Selanjutnya, ia mengajak masyarakat Kabupaten Inhil untuk turut bersama dalam mempraktekan senam tersebut di wilayahnya masing-masing, dalam upaya mencegah terjadinya Osteoporosis.

"Kami mengajak bapak dan ibu semua yang ingin ikut bergabung silahkan, jadi ibu-ibu yang sudah merasakan manfaat dari senam ini mari ajak teman-temannya juga, supaya semua bisa merasakan manfaatnya dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita," tambahnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan diwakili dr Irianto mengungkapkan, RSUD Puri Husada Tembilahan ikut memperingati Hari Osteoporosis Sedunia ini karena memang problem tulang-tulang rapuh di Indonesia cukup banyak.

"Termasuk di Tembilahan banyak juga, jadi kita sekarang membudayakan untuk memperhatikan kesehatan tulang kita. Karena pembentukan tulang itu sebenarnya dari kecil, dari kandungan, maka harus dijaga," katanya.

Terakhir, dr Irianto berpesan agar masyarakat yang sudah memasuki masa tua untuk rutin menjaga kesehatan, seperti dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung calcium.

"Minum susu, makan ikan dan sayur. Jangan lupa sering-sering berjemur dan bergerak juga. Tulang merupakan investasi kita untuk di masa tua, karena tulang yang terbentuk dari kecil akan lebih kuat di usia tua. Apalagi sekarang ini wanita yang memasuki masa menopause harus menjaga tulang agar terhindar dari Osteoporosis," imbuhnya.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler