Kanal

Seminar di Rohil, Asintel Kejati Riau Soroti Potensi Penyelewengan Dana Desa

RIAUIN.COM - Asisten Intelijen (Asintel) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Raharjo Budi Kisnanto, SH MH menjadi narasumber pada kegiatan seminar jaga desa dari Korupsi, Sabtu (10/12/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Misran Rais, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) diprakarsai Gerakan Pemuda Ansor dengan mengangkat tema Pengamanan Terhadap Pendistribusian dan Pemanfaatan Dana Desa.

Dalam sambutannya Raharjo mengungkapkan, tindak pidana korupsi di Indonesia perkembangannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Menurutnya, korupsi telah menjadi suatu kejahatan yang luar biasa. Untuk itu, upaya pemberantasannya tidak lagi dapat dilakukan secara biasa, tetapi dituntut dengan cara yang luar biasa. 

"Kejaksaan berperan memberikan penyuluhan dan penerangan hukum ke masyarakat desa guna menambah pengetahuan atau wawasan kepada Kepala Desa ataupun masyarakat," ujar Raharjo.

Sebagai contoh, Raharjo menyoroti penggunaan dana desa yang dianggarkan begitu besar oleh pemerintah. Ada beberapa penyebab penyalahgunaan Dana Desa, diantaranya karena ketidaktahuan, tidak sesuai rencana dan peruntukannya, hingga pengadaan barang dan jasa.

"Tujuan dari kegiatan seminar ini dalam rangka memberikan peningkatkan pemahaman dan kapasitas aparatur perangkat desa di bidang hukum dalam pengelolaan dana desa. Sehingga dapat mencegah penyimpangan dalam pengelolaan dana desa. Kemudian untuk meningkatkan ketaatan hukum kepada para perangkat desa di Rohil," papar Raharjo.

Turut hadir dalam seminar tersebut Kepala Dinas PMD Kabupaten Rokan Hilir, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Rokan Hilir, Ketua GP Ansor Kabupaten Rokan Hilir dan Kades se-Kecamatan Rokan Hilir.*

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler