Kanal

Diduga Ada Oknum Tebang Pilih di Pelabuhan, Ini Penjelasan Bea Cukai Riau

RIAUIN.COM - Beredar kabar adanya oknum di Bea Cukai Riau yang diduga 'bermain' dan melakukan aktifitas tebang pilih di pelabuhan terkait aktifitas bongkar muat barang di dermaga.

Menyikapi isu tersebut, Kepala Seksi BK Humas Kanwil DJBC Riau, Jalu Restu Wisuda buka suara. Jalu mengatakan bahwa Bea Cukai memiliki Unit Kepatuhan Internal untuk menindaklanjuti laporan jika memang ada oknum yang melanggar SOP saat bertugas.

"Unit Kepatuhan Internal itu juga memastikan bahwasanya segala tugas dan fungsi yang berlaku baik di pelayanan dan pengawasan itu sesuai dengan SOP yang ada. Jika memang nanti ada ditemukan kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai dengan SOP, pasti dari satuan internal juga akan melakukan tindakan terhadap pelanggaran tersebut," ujar Jalu, saat dijumpai di Pelabuhan Mawar, Pekanbaru, Jum'at (9/12/2022).

Ditanya soal adanya oknum yang 'bermain' dan melakukan aksi tebang pilih di dermaga, Jalu menjawab sampai saat ini Bea Cukai Riau belum menerima laporan resmi akan hal itu.

"Sampai dengan saat ini kami belum ada laporan resmi terkait (oknum tersebut, red). Intinya adalah, ketika memang ada pelanggaran terhadap pada kegiatan prosedur, kami punya Unit Kesatuan Internal yang dapat melakukan pemeriksaan dan penindakan terhadap kegiatan yang tidak sesuai prosedur tersebut," tegas Jalu.

Ia mengungkapkan, Bea Cukai Riau selalu berkomitmen dan bekerja sesuai UU dan SOP yang telah ditetapkan, pihaknya  juga berkomitmen menjaga agar tidak masuknya barang-barang ilegal dari luar ke Riau dan beredar luas di masyarakat.

"Kita melihat Bea Cukai selalu melakukan pengawasan terhadap indikasi kegiatan ilegal. Namun pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai itu juga harus berada pada koridulor hukum yang berlaku," tutur Jalu.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler