Kanal

Ribuan Banser Riau Siap Hadapi Perongrong NKRI

RIAUIN.COM- Sekitar tiga ribuan Banser, santri, badan otonom NU, dan pemuda lintas agama menduduki lapangan kantor Gubernur Riau, Jumat (28/8/2022). Mereka menggelar apel kebangsaan dan deklarasi siap menjaga Riau dari ancaman kelompok intoleran dan radikal.

Gubernur Riau, Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal, Danrem, Kabinda dan Ketua PW GP Ansor Riau Purwaji menjadi inspektur bersama Apel Kebangsaan Banser Riau baru kali pertama digelar di pusat perkantoran Gubernur Riau.

Ketua PW GP Ansor Riau, Purwaji dalam orasi kebangsaannya menegaskan bahwa kehadiran ribuan Banser Riau ke Apel Kebangsaan ini sebagai wujud komitmen memegang teguh janji baiat untuk menjaga Islam Aswaja dan NKRI.

"Riau ini adalah bumi Ahlusunnah wal jamaah sejak dulu sampai sekarang, dan akan terus kita jaga dari paham keagamaan yang suka membidahkan amaliah orang Melayu," katanya.

Kedua kata Purwaji, Apel kebangsaan ini juga sebagai wujud ikhtiar menjaga NKRI dari kelompok yang masih ingin merubah konsensus nasional. Konsep NKRI ini sudah final sebab merupakan ijtihad para ulama muassis NU.

"Jadi kalau mereka bilang NKRI thogut, dan tidak sesuai syariat Islam mereka akan berhadapan dengan kita," ujarnya.

Kapolda Riau dan Gubernur Riau sama sama mengapresiasi keberadaan GP Ansor dan Banser yang banyak berkontribusi menjaga semangat kerukunan dan toleransi di bumi Melayu Riau. ***

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler