Kanal

Gubri dan Bupati Inhil Bantu Serahkan Sertifikat RLH Warga Korban Bencana di Desa Tanjung Baru

RIAUIN.COM- Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (6/9/2022). Dalam kunjungannya yang didampingi Bupati HM Wardan, Gubri menyerahkan sertifikat Rumah Layak Huni (RLH) yang telah dibangun sebelumnya untuk masyarakat yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan peletakan batu pertama RLH tahap 2 yang akan segera dibangun serta penanaman mangrove sebagai salah satu upaya melestarikan lingkungan dan mencegah abrasi tanah.

Dalam sambutannya, Bupati Wardan mengungkapkan terima kasih atas kesediaan Gubri Syamsuar dalam prosesi peletakan batu pertama pembangunan RLH bagi masyarakat yang rumahnya rusak akibat bencana alam.

Pembangunan RLH tersebut, menurut Bupati Wardan perlu dilakukan, karena mengingat di Inhil tingkat bencana alamnya cukup tinggi. Dimana, tercatat pada tahun 2022 ini saja sudah terjadi bencana alam angin ribut sebanyak 4 kali, kebakaran rumah 17 kali, tanah longsor 13 kali dan berikutnya bencana banjir.

"Dari beberapa kasus tersebut telah terjadi di desa Tanjung Baru ini yang mengakibatkan masyarakat kehilangan rumah serta harta bendanya, dengan adanya pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) tentu sangat membantu masyarakat kita yang telah kehilangan rumah nya akibat bencana," ujarnya.

Kemudian, Bupati Wardan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar melestarikan ekosistem mangrove dengan cara menanam bibit pohon mangrove di area sungai atau parit guna mencegah abrasi.

Sementara itu, Gubri Syamsuar mengaku senang atas sambutan hangat dari jajaran di Pemkab Inhil dan seluruh masyarakat Desa Tanjung Baru.

"Alhamdulillah kita dapat bersilahturahmi, sekaligus saya juga mendengar beberapa keluhan terutama akses jalan. Untuk itu, kita akan usahakan agar di tahun depan jalan kita ini dapat segera kita bangun, untuk RLH yang akan dibangun juga agar segera selesai dan dapat ditempati oleh penerima," ujar Gubri. -adv

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler