Kanal

Prosedur Cukup Mudah, Dukcapil Pekanbaru Imbau Warga Hindari Calo KTP dan KK

RIAUIN.COM - Maraknya warga menggunakan jasa calo pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) akhir-akhir ini membuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru gerah. 

Kepala Dinas (Kadis) Disdukcapil Kota Pekanbaru, Hj Irma Novrita menghimbau masyarakat untuk tidak menggunakan jasa calo dalam mengajukan pembuatan KTP atau KK. 

Hal disampaikan karena belakangan banyaknya calo atau pungutan liar (pungli) akibat jika proses pembuatan KTP dan KK diserahkan kepada orang lain, apalagi mengatasnamakan Dukcapil. 

"Pengurusan dokumen kependudukan tidak ada biaya alias gratis," ujar Hj Irma Novrita, Kamis, (21/72022).

Tidak hanya itu, Irma menyarankan kepada warga agar membuat KTP atau KK dilakukan sendiri karena prosedurnya sendiri gampang dan mudah. 

"Apabila tidak mengerti cara pengurusannya, bisa bertanya ke petugas UPTD dukcapil pada kantor kecamatan," terangnya. 

Irma juga menegaskan jika ada oknum yang mengatasnamakan Dukcapil dan meminta sejumlah uang untuk proses pembuatan kependudukan, itu adalah tidak benar. 

"Jika ada mengatasnamakan disdukcapil meminta sejumlah uang pembuatan KTP atau KK, itu tidak benar karena pengurusan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya alias gratis," tutupnya.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler