Kanal

Kabar Gembira, Petani Kelapa di Inhil Bakal Terima 500 Ha Raplanting Kebun Tahun Ini

RIAUIN.COM- Kabar gembira bagi petani kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Pasalnya, tahun ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian mengucurkan bantuan untuk replanting kebun kelapa warga seluas 500 hektare.

Bantuan yang bersumber dari APBN 2022 itu diserahkan melalui Dinas Perkebunan Provinsi Riau dan selanjutnya diberikan kepada Pemkab Inhil. Demikian dikatakan Kadisbun Riau, Zulfadli didampingi Sekretaris Disbun Riau, Supardi, Senin (24/1/2022).  

Replanting akan difokuskan untuk kebun kelapa masyarakat di Inhil. Berdasarkan verifikasi data di lapangan, saat ini sudah tercatat 150 hektare lebih kebun kelapa milik masyarakat layak menerima bantuan replanting. 

"Kelapa masyarakat yang dilakukan replanting adalah kelapa tua yang tidak lagi produktif, dan tidak ekonomis secara budidaya," katanya. 

Dikatakannya, replanting 500 hektare kelapa itu merupakan inisiasi dari Kabupaten Inhil. Dari sana Pemprov Riau terus memperjuangkannya ke pusat untuk mendapatkan bantuan itu.

"Kemarin itu langsung Pak Gubernur bersama Bupati Inhil yang menyampaikan usulan replanting tersebut. Makanya kita tahun ini dapat 500 hektare," ungkapnya. 

Diakuinya, Pemprov Riau setiap tahun mendapat bantuan replanting kebun kelapa dari Kementan. Namun jumlah bantuan yang diberikan hanya 50 sampai 100 hektare.

"Tahun ini kita dapat lebih besar, sampai 500 hektare. Mudah-mudahan program ini bisa segera kita implementasikan," harapnya.  -vie

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler