Kanal

Korea Selatan Luncurkan Roket Pertama ke Luar Angkasa, Misi Gagal Menuju Orbit

RIAUIN.COM - Korea Selatan meluncurkan roket buatan dalam lokal pertama, Nuri, pada Kamis (21/10) sore waktu setempat, dari Pusat Luar Angkasa Naro lokasi timur laut Goheung. Pembuatan roket Nuri tersebut menelan biaya sekitar 2 triliun won (Rp24,1 triliun). Namun roket tersebut belum berhasil menyelesaikan misi pengiriman satelit uji ke orbit.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan roket mencapai ketinggian 700 kilometer, dengan muatan 1,5 ton yang berhasil dipisahkan. Namun, Moon mengatakan bahwa "menempatkan satelit tiruan ke orbit tetap merupakan misi yang belum selesai."

Meskipun tes tersebut tidak dapat memenuhi tugasnya menempatkan satelit ke orbit, peluncuran tersebut dilakukan ketika Korea Selatan tengah bersaing dengan Korea Utara dalam kemajuan teknologi persenjataan.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengatakan ketiga tahap roket bekerja, membawanya ke ketinggian 700 km, dan muatan 1,5 ton berhasil dipisahkan.

"(Tetapi) menempatkan satelit tiruan ke orbit tetap adalah misi yang belum selesai," ujarnya, melansir CNA.

"Meskipun gagal mencapai tujuannya dengan sempurna, kami telah mencapai prestasi yang sangat baik dengan peluncuran pertama kami," tambahnya.

Presiden Moon menambahkan akan melakukan upaya lain pada bulan Mei 2022 mendatang.-dn
 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler