Kanal

Rapat Paripurna DPRD Rohul Selalu Molor, Ketua DPRD: Saya Tak Berhak Memberi Sanksi

RIAUIN.COM -Rapat paripurna di DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) selalu tidak tepat waktu alias molor. 

Seperti kejadian hari ini Senin (04/10/2021), di undangan tertulis pukul 09.00 WaiB, namun jam sudah menunjukan pukul 12.00 WIB, wakil rakyat yang datang belum juga memenuhi kuorum.

Sesuai jadwal, DPRD Rohul menggelar  sidang paripurna dengan agenda penyampaian Ranperda APBD tahun 2022 dan Ranperda RPJMD Kabupaten Rohul tahun 2021-2026.

Pantauan Riauin.com, kedua agenda tersebut sesuai undangan dimulai pukul 09.00 WIB.  Kemudian, pukul 14.00 WIB juga dlaksanakan sidang paripurna penyampaian pandangan umum fraksi terhadap Ranperda APBD tahun 2022 dan Ranperda RPJMD Kabupaten Rohul tahun 2021-2026.

Namun untuk agenda sidang paripurna yang akan dilaksanakan pukul 09.00 WIB akhirnya molor hingga pukul 12.00 WIB.

Kapolsek Rambah AKP Hasmin yang menghadiri undangan sidang paripurna DPRD Rohul itu membenarkan hal tersebut.

Dia mengaku sudah hadir di Gedung DPRD Rohul pukul 09.00 WIB, namun belum terlihat satu orang pun anggota DPRd yang datang. Bahkan absensi yang sudah disediakan di pintu masuk belum ada yang menandatangani.

"Saya sudah hadir di sini sejak pukul 09.00 pagi, namun hingga pukul 12.00 siang ruangan sidang masih kosong. Seharusnya kalau memang rapat ditunda harus ada pemberitahuan dan  ini menjadi tanda tanya kenapa anggota dewan sebagai perpanjangan tangan masyarakat tapi tidak disiplin," ungkap Hasmi kepada Riauin.com.

Sementara itu, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra mengatakan,  persoalan seperti ini sudah lama terjadi di DPRD. Dimana dirinya sebagai ketua tidak bisa saling interpensi antara satu sama lain.

Untuk merubah hal tersebut, kata Wanda, pihaknya sudah menyurati pimpinan partai politik agar meningkatkan disiplin terhadap anggotanya di DPRD Rohul.

"Saya selaku pimpinan dewan tidak berhak memberikan sanksi kepada anggota yang tidak disiplin, karena itu tugas Badan Kehormatan DPRD Rohul," jelasnya.

Terkait kehadiran rapat paripurna DPRD Rohul hari ini, dari 45 orang anggota DPRD, 6 dari fraksi PAN dan 4 dari Nasdem.

"Wakil Ketua Nono Patria Pratama berhalangan hadir karena orang tuanya sakit, sedangkan yang lainnya belum masuk tanpa keterangan," kata Wanda.

Hingga berita ini diturunkan, Ketua Badan Kehormatan DPRD Rohul belum bisa dijumpai untuk dimintai keterangannya, karena dia juga belum hadir.--yusri.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler