Kanal

Bulan Oktober, Syamsuar Evaluasi Kinerja Pejabat Eselon II Pemprov Riau

RIAUIN.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan melakukan evaluasi terhadap kinerja pejabat tinggi pratama atau pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Evaluasi ini dilakukan setelah mengukur kinerja dari masing-masing kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selama kepemimpinannya. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Ikhwan Ridwan mengatakan, evaluasi terhadap kepala OPD merupakan hak dari gubernur untuk menilai hasil kinerja pejabat. 

Sebab, sesuai aturan kepala daerah diperbolehkan melakukan evaluasi pejabat eselon II setelah 1 tahun menjabat.

“Ya, kemungkinan evaluasi ini dilakukan Pak Gubri bulan Oktober nanti. Bisa saja evaluasi ini untuk semua kepala OPD. Apalagi ada satu pejabat yang memasuki masa pensiun," jelasnya, Selasa (24/8/2021).

Ia menyebut, ada tiga kategori untuk mengevaluasi pejabat, yaitu bisa saja pejabat yang ditunjuk itu tetap dijabatan lama, dipindahkan serta tidak mendapatkan jabatan lagi. 

"Semua tergantung dari Pak Gubri. Untuk pejabat pensiun bisa langsung diganti dengan proses assesment," ujarnya.

Sementara, untuk mengevaluasi pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau, tetap akan ditunjuk panitia seleksi (pansel). Seperti biasa,  pansel akan menjalankan proses seleksi sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Nah, ada juga pejabat yang sudah lima tahun menjabat di jabatannya sekarang, itu harus dievaluasi, seperti Dinas Kesehatan, RS Jiwa, termasuk saya BKD,” pungkasnya.--mcr/nal.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler