Kanal

Rusak Kebun Warga, Gajah Kaesang dan Dodo Dievakuasi BKSDA Riau

RIAUIN.COM - Balai Konservasi dan Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah I, Riau telah berhasil melakukan translokasi dua gajah yang dilaporkan muncul di kebun masyarakat, di kawasan hutan Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Kepala Bidang KSDA Wilayah I Andri Hansen Siregar menjelaskan, proses translokasi ini dilakukan selama tiga hari, sejak Rabu sampai Jumat kemarin.

Hansen menjelaskan, upaya tersebut dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan dua gajah yang telah merusak kebun warga Kecamatan Peranap tepatnya di Kelurahan Peranap dan Desa Semelinang Darat.

“Sebelumnya kami mendapat laporan dua gajah itu muncul selama kurang satu bulan,” ucap Hansen, Ahad (22/8/2021).

Lebih lanjut Hansen menyebutkan dalam pelaksanaan translokasi tersebut dibantu tim Balai Taman Nasional Teso Nillo (TNTN), Polsek Peranap, Koramil 05 Peranap, aparat Kecamatan Peranap, Yayasan TNTN, dan beberapa perusahaan. 

“Proses translokasi yang kami rencanakan berhasil terhadap dua ekor gajah liar tersebut diketahui masih remaja berjenis kelamin jantan,” jelas Hansen.

Tepat pada pukul 20.00 WIB, langkah translokasi berhasil dan tim gabungan langsung melakukan tindakan evakuasi terhadap kedua gajah tersebut.

"Penangkapan dua gajah itu berhasil dilakukan sekitar pukul 24.00 WIB,” ucap Hansen. 

Kemudian, sekitar pukul 09.00 WIB, bersama Gajah latih dua Gajah liar tersebut telah tiba di lokasi pelepasliaran, yang berada dikawasan TNTN. 

Kedua gajah liar itu langsung dilepasliarkan dan bergabung dengan kelompoknya yang berada pada salah satu kantong gajah di Provinsi Riau.

“Dua gajah itu disepakati diberi nama Kaesang dan Dodo,” tutup Hansen. -dn/mcr

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler