Kanal

43 Orang Meninggal Akibat Covid-19, Pekanbaru Catat Rekor Tertinggi

RIAUIN.COM - Kasus penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Riau, mengalami sedikit penurunan pada Jum'at, (30/7/2021). Kasus positif di ranah lancang kuning terkonfirmasi sebanyak 1.667 orang, sedangkan untuk pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 bertambah 43 orang, yang didominasi oleh pasien berusia diatas 50 tahun.

Kota Pekanbaru menempati posisi tertinggi dalam penyebaran virus mematikan ini, dimana 583 orang dinyatakan positif dan 15 orang meninggal dalam sehari.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, pasien yang meninggal dunia tersebut berusia diatas 50 tahun dan mengalami sakit yang cukup berat, serta ada penyakit bawaan.

“Iya hari ini bertambah banyak yang meninggal dunia mencapai 43 orang. Yang meninggal masih diatas 50 tahun, Pekanbaru masih yang terbanyak pasien meninggal mencapai 15 orang, selanjutnya Kabupaten Rohul dan Rohil masing-masing 6 orang, Kampar 5 orang, Dumai 4 orang,” ujar Mimi, Jumat (30/7/2021) malam.

Sementara itu, terkait dengan antisipasi peningkatan pasien yang cukup banyak di Riau, Mimi mengatakan, untuk kondisi saat ini ketersediaan Rumah sakit masih mencukupi. Namun, perlu diantisipasi dengan penambahan rumah sakit darurat, yang akan disiapkan di asrama haji.

“Memang kondisi sebagian rumah sakit sekarang banyak yang penuh, karena semakin banyak yang sakit, mulai dari pasien sedang sampai berat. Dan kita sudah mengantisipasinya dengan menyiapkan rumah sakit darurat di asrama haji, tentu dengan ketersediaan peralatan yang memadai,” kata Mimi.

Lebih lanjut Mimi menyebutkan bahwa terdapat penambahan 909 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Sedangkan untuk kasus Suspek yang isolasi mandiri berjumlah 3.432 orang, isolasi di RS sebanyak 322 orang, selesai isolasi 96.740 orang, dan meninggal berjumlah 375 orang.

"Dengan adanya penambahan ini maka total terkonfirmasi Covid-19 di Riau menjadi 95.561 kasus, total suspek berjumlah 100.869 orang," tutupnya. -dn/mcr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler