Kanal

ICU Rumah Sakit Nyaris Penuh, Satgas Covid-19 Riau Mulai Khawatir

RIAUIN.COM - Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengungkapkan bahwa rata-rata keterisian ruangan ICU pada 22 rumah sakit rujukan pasien Covid-19 sudah terisi 90 persen lebih.

Jika tak ada peningkatan penyembuhan dalam beberapa hari terakhir, pihak rumah sakit tidak punya ruangan lagi bagi pasien Covid-19 di Riau. 

Menurut Yovi, kondisi ini sudah sangat mengkhawatirkan dan semua lapisan masyarakat diminta tidak main-main lagi soal menjaga diri terutama menerapkan protokol kesehatan.

"Ini sebagai gambaran, menjadi dasar untuk khawatir, jangan main-main lagi menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker dan menghindari kerumunan," kata Yovi, Selasa siang, 27 Juli 2021.

Yovi menjelaskan, saat ini Kota Pekanbaru tengah menerapkan PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021. Yang menjadi dasar adalah lonjakan Covid-19 Riau seperti kasus harian dan kematian dalam beberapa hari terakhir.

"Hampir setiap jam orang meninggal karena terinfeksi Covid-19 dalam beberapa hari terakhir," kata Yovi.

Di Pekanbaru, terdapat 22 rumah sakit rujukan pasien Covid-19 yang memiliki ruangan ICU berbeda. Rata-rata punya 8 hingga 10 ruangan ICU.

"Kondisinya saat ini sudah 90 persen terisi," ucap Yovi.

Kondisi serupa juga terjadi pada ruangan rawat inap atau isolasi untuk pasien Covid-19. Saat ini, keterisiannya sudah 70 persen lebih dan diprediksi terus bertambah jika lonjakan kasus harian terjadi.

Sementara itu, di Pekanbaru saat ini, rata-rata per hari ada 500 lebih warga terkonfirmasi Covid-19. Sebanyak 20 persen di antaranya diisolasi di rumah sakit dan masuk ruangan ICU.

"Kalau jumlah yang masuk dengan yang keluar tidak imbang, bisa dibayangkan kondisi rumah sakit saat ini di Pekanbaru," terang Yovi.

Yovi menambahkan, cara ampuh menahan lonjakan Covid-19 adalah menahan diri, yaitu menahan untuk tidak keluar rumah jika tidak penting, menahan diri untuk tidak datang, ataupun membuat kerumunan, termasuk menahan diri tidak menerima tamu ke rumah. -dn

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler