Kanal

Lewat Drama Adu Penalti Melawan Inggris, Italia Juara Euro 2020

RIAUIN.COM - Italia menjadi Juara Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris dengan skor 3-2 (1-1) melalui adu tendangan penalti dalam laga final yang berlangsung di Stadion Nasional Wembley pada Senin, (12/7/2021 dini hari WIB. 

Italia sempat tertinggal oleh Gol cepat yang dicetak oleh Like Shaw pada menit ke 2 dan berhasil disamakan oleh Bonucci pada menit ke 67.

Setelah babak kedua usai dan melakukan perpanjangan waktu dua kali 15 menit, tidak ada gol yang tercipta. Pertandingan dilanjutkan dengan adu tendangan dua belas pas.

Berardi yang menjadi penendang pertama, melaksanakan tugasnya denngan baik. Selanjutnya Harry Kane yang menjadi penendang perta bagi Inggris juga berhasil mencetak gol. 

Selanjutnya Belloti juga gagal mencetak gol tendangannya mampu ditepis Jordan Pickford. Maguire yang maju sebagai penedang kedua sukses menjebol gawang Donnarumma.

Leonardo Bonucci yang menjadi penendang ketiga bagi Italia sukses mengecoh Jordan Pickford dengan mengarahkan bola ketengah lapangan.

Tiga penendang Inggris secara berturut-turut, Marcus Rashford, Jordan Sancho, dan Bakayo Saka gagal  melaksanakan tugasnya. Tendangan mereka mampu dibaca dan ditepis oleh kiper Italia Donnarumma. Sementara di kubu Italia, Jorginho juga gagal melaksanakan tugasnya, bola sepakannya mampu di antisipasi dengan baik oleh Jordan Pickford.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1960, Inggris belum pernah sekalipun meraih gelar bergengsi benua biru tersebut. Kini, pada edisi ke-16 perhelatan Euro 2020, penantian panjang  selama 61 tahun The Three Lions berakhir dengan pil pahit.

Laga berlangsung dengan tempo cepat. Inggris yang bermain dihadapan publik sendiri, tampilkan permainan menyerang. Alhasil, pertandingan baru berjalan dua menit, The Three Lions sudah unggul cepat melalui sepakan voli Luke Shaw, 1-0 The Three Lions memimpin.

Gol cepat tersebut memacu semangat punggawa Timnas Inggris untuk terus menekan pertahanan Italia. Raheem Sterling, Harry Kane dan Mason Mount silih berganti mengacak-acak jantung pertahanan Gli Azzuri.

Italia yang terkenal dengan pertahanan catenaccionya, tidak mau terus tertekan. Perrlahan tapi pasti, Gli Azzuri mulai bangkit dan menemukan irama permainannya. Dimenit ke 35, Federico Chiesa meraih peluang pertama bagi Gli Azzuri. Sayang bola sepakannya masih melebar di kiri gawang Inggris yang dikawal Jordan Pickford.

Hingga babak pertama usai, tidak ada gol tambahan tercipta. Inggris mampu mempertahankan keunggulan satu gol atas Gli Azzuri.

Memasuki babak kedua, Italia yang tertinggal satu gol cepat dari Inggris mengubah strategi permainan dengan menarik Ciro Immobile. Hal ini membuat permainan Italia menjadi lebih terbuka. Sebuah peluang dari luar kotak penalti gagal dimaksimalkan Lorenzo Insigne. 

Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Raheem Sterling pada Insigne diluar kotak penalti yang berbuah tendangan bebas, bola sepakan pemain bernomor punggung 10 ini melambung diatas gawang Jordan Pickford.

Inggris yang kalah penguasaan bola, mencoba melakukan serangan balik melalui aksi Mason Mount. Namun bola berhasil dihalau oleh Di Lorenzo sehingga menghasilkan tendangan penjuru.

Mason Mount yang menjadi penedang memberikan umpan matang pada John Stone. Namun sayang bola sundulannya masih bisa ditepis Donnarumma.

Dalam keadaan terus tertekan, akhirnya petaka datang bagi Inggris. Pada menit ke 67 gawang Inggris mampu dijebol oleh Italia. Memanfaatkan kemelut di depan gawang dari tendangan penjuru, Leonardo Bonucci berhasil mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. 

Berkat gol ini, praktis permainan Inggris mengalami transposisi dari menyerang menjadi bertahan. Para pemain Italia dengan leluasa menguasai ritme permainan. Berdasarkan statistik pertandingan, Italia unggul 70 persen  penguasaan bola dengan total 15 tendangan, 5 diantaranya mengarah ke gawang.

Sementara Inggris hanya mampu melepaskan 3 tendangan, 2 diantaranya mengarah ke gawang dengan 30 persen penguasaan bola. 

Hingga babak kedua berakhir, skor 1-1 masih tetap bertahan, dan laga dilanjutkan dengan perpanjangan waktu dua kali 15 menit. -dn

Berikut susunan starting line-up yang dikutip dari laman resmi UEFA:

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Kalvin Phillips, Declan Rice; K. Trippier, Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane
Pelatih: Gareth Southgate

Italia (4-3-3): 21-Donnarumma, 2-Di Lorenzo, 19-Bonucci, 3-Chiellini, 13-Emerson, 18-Barella, 6-Verratti, 8-Joeginho, 14-Chiesa, 17-Immobile, 10-Insigne
Pelatih: Roberto Mancini

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler