Kanal

Kalahkan Denmark Berkat Hadiah Penalti, Inggris Berhasil Tembus Final Euro 2020

RIAUIN.COM - Inggris  lolos ke final Euro 2020 setelah menang dengan skor 2-1 atas Denmark. Dalam laga yang berlangsung ketat ini, striker internasional Inggris, Harry Kane  menjadi pahlawan.

Pertandingan yang berlangsung Kamis, (8/7/2021) dini hari di Stadion Wwmbley London ini memutus catatan clean sheet Inggris. Sebelumnya, skuad The Three Lion tidak kpernah kebobolan di lima laga yang telah dimainkan.

Inggris lebih dulu tertinggal berkat gol dari tendangan bebas spektakuler dari Daamsgaard pada menit ke 30. Namun, skuad asuhan Gareth Southgate ini mampu dengan cepat disamakan oleh Inggris lewat gol bunuh diri dari Kjaer. 

Gol kemenangan yang ditunggu-tunggu fans Inggris baru tercipta setelah babak perpanjangan waktu pertama. Pada menit ke 104, Harry;Kane mampu menjebol gawang Kasper Schmeichel lewat tendangan penalti setelah sebelumnya Raheem Sterling dilanggar dalam area terlarang.

Dengan kemenangan ini, Inggris dipastikan akan berhadapan dengan Italia di partai final yang sehari sebelumnya mengalahkan Spanyol lewat drama adu penalti. Menariknya, laga final nanti juga akan digelar di Stadion Wembley, London, Inggris pada Senin (12/7/2021) mendatang.

Jalannya pertandingan

Sejak awal laga kedua kesebelasan tampil menyerang, Inggris yang diunggulkan karena bermain di rumah sendiri membuka peluang lewat Raheem Sterling pada menit ke 6. Pemain Manchester City ini hampir saja membobol gawang Denmark yang di kawal Kasper Schmeichel. 

Enam menit berselang kembali Sterling mengancam dari sayap kanan pertahanan Denmark. Namun bola sepakannya dapat dengan mudah ditangkap oleh penjaga gawang. 

Begitu juga dengan Harry Kane, tendangan spekulasinya dari luar kotak penalti masih melambung jauh di atas mistar.

Denmark bukannya tanpa peluang. Dimenit 14, sebuah skema serangan balik hampir saja membobol gawang Jordan Pickford. Beruntung tendangan Hojbjerg masih bisa diamankan dengan mudah oleh kiper.

Dua puluh menit laga berjalan, Inggris sangat mendominasi permainan. The Three Lions unggul penguasaan bola cukup jauh atas Denmark. Anak asuhan Gareth Sauthgate ini meguasai 64 berbanding 36 persen penguasaan bola dengan 3 kali percobaan tendangan ke arah gawang. 

Dimenit 25, Damsgaard meraih peluang bagi Denmark. Usaha pemain bernomor 14 ini masih melebar disisi kiri gawang Inggris. Perlahan Denmark mulai bangkit. Pelanggaran terhadap Andreas Christensen, berbuah tendangan bebas bagi Denmark. 

Damsgaard yang menjadi penendang berhasil membobol gawang Jordan Pickford dimenit 30. Tendangan kerasnya tidak mampu diantisipasi oleh kiper nomor satu Inggris.

Gol dari Damsgaard ini merupakan gol pertama yang menjebol keperawanan gawang Inggris di Euro 2020, 1-0 skor bagi Denmark.

Tertinggal satu gol, timnas Inggris mencoba bangkit. Kali ini giliran Harry Kane dilanggar oleh Delaney di luar kotak penalti. Sterling yang menjadi eksekutor belum mampu menyamakan skor. Bola tendangannya masih membentur pagar betis Denmark.

Akhirnya, di menit ke 39, kembali peluang diraih Inggris. Kali ini berkat kerjasama Harry Kane, Saka dan Sterling berbuah gol bunuh diri dari Kjaer.

Bola datar kiriman Saka pada Sterling salah diantisipasi oleh pemain belakang Denmark ini. Bola meluncur deras ke dalam gawang Schmeichel, 1-1 skor bagi kedua kesebelasan bertahan hingga paruh waktu pertama.

Babak II

Mengawali laga, kedua tim sedikit menurunkan tempo permainan. Namun, inisiatif serangan dikuasai para pemain Inggris. Sebuah eksekusi tendangan bebas dari Mason Mount gagal berbuah gol. Harry Maguire justru diganjar kartu kuning oleh wasit  karena melanggar Kjaer.

Pada menit 51, giliran Denmark mengancam gawang Inggris, Dolberg yang menusuk dari sayap kanan pertahanan Inggris mampu melepaskan tendangan mendatar ke gawang Jordan Pickford. Tapi wasit garis lebih dulu mengangkat bendera karena Dolberg berdiri pada posisi offside.

Tempo permainan mulai meningkat, pelanggaran terhadap Harry Kane berujung freekick. Mason Mount yang maju sebagai penendang memberikan umpan matang pada Maguire. Sundulannya ke pojok kanan gawang masih bisa digagalkan oleh Schmeichel.

Pada menit ke 61, giliran Mason Mount mendapatkan peluang. Pemain Chelsea ini mampu melepaskan sepakan keras ke arah gawang tim dinamit.  Tapi tendangannya mengarah tepat pada penjaga gawang sehingga Kasper Schmeichel dengan mudah menangkap sikulit bundar.

Sembilan menit berselang, Mason Mount kembali membuat Schmeichel berjibaku menyelamatkan gawang. Bola lambung sepakan gelandang Chelsea ini masih bisa ditepis olehnya.

Dipenghujung waktu, sebuah peluang yang memanfaatkan umpan dari Raheem Sterling gagal dimanfaatkan oleh Philips. Tendangannya melambung tinggi diatas gawang. Hingga babak kedua usai, tidak ada gol tambahan tercipa bagi kedua tim, pertandingan dilajutkan dengan perpanjangan waktu dua kali 15 menit.

Tiga menit babak pertama tambahan waktu, sebuah peluang diraih oleh Harry Kane. Tendangan kerasnya kepojok kanan gawang masih mampu diblok oleh kiper Denmark. Raheem Sterling, Jack Grealish dan Saka, silih berganti mencoba untuk membobol gawang tim dinamit, namun selalu gagal karena rapat dan disiplinnya pertahanan dari Denmark.

Pada menit 101, petaka datang bagi Denmark. Raheem Sterling yang menggiring bola dari sayap kiri, diajtuhkan dalam kotak terlarang. Wasit yang melihat kejadian menunjuk titik putih dan mberilan hadiah penalti bagi Inggris.

Harry Kane yang maju sebagai penendang berhasil menaklukkan kiper Denmark walaupun sepakannya dapat ditepis. Bola rebound itu kembali disambar Kane dan berbuah gol, skor berubah menjadi 2-1 untuk sementara Inggris memimpin. Hingga wasit meniup pluit pertanda perpanjangan waktu babak pertama berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Memasuki tambahan waktu babak kedua, Denmark berusaha mengejar ketertinggalan. Serangan demi serangan dilancarkan anak asuhan Hjulmand ini dan membuat para pemain Inggris harus bertahan ekstra demi mengamankan kemenangan.

Dua menit menjelang laga usai, permainan kembali dikuasai oleh para pemain Inggris. Mereka berusaha mengulur waktu-waktu demi pertahankan kemenangan. Akhirnya wasit meniup peluit pertanda berakhirnya laga dan memastikan Inggris lolos ke Final Euro 2020.

Berikut susunan starting line-up yang dikutip dari laman resmi UEFA:

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Kalvin Phillips, Declan Rice; Bukayo Saka, Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane

Denmark (3-4-2-1): Kasper Schmeichel; Andreas Christensen, Simon Kjaer, Jannik Vestergaard; Jens Stryger Larsen, Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney, Joakim Maehle; Martin Braithwaite, Mikkel Damsgaard; Kasper Dolberg -dn

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler