Kanal

6 Tokoh Masyarakat Inhil Terima Gemilang Award 2021

RIAUIN.COM- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir memberikan penghargaan Gemilang Award Tahun 2021 kepada enam tokoh masyarakat Inhil. Pemberian penghargaan tersebut bersempena milad ke-56 Kabupaten Inhil yang diperingati melalui Paripurna Istimewa DPRD Inhil, Senin (14/6/2021) di Gedung DPRD Jalan Soebrantas, Tembilahan.

Gemilang Award Tahun 2021  berdasarkan Keputusan Bupati Indragiri Hilir Nomor Kpts. 458/VI/HK-2021 tanggal 11 Juni 2021 tentang Pemberian Penghargaan Gemilang Award Tahun 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan Bupati Inhil, HM Wardan di dampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Riau, Syahrial Abdi, Wakil Bupati (Wabup), H Syamsuddin Uti, Ketua DPRD, Dr Ferryandi dan Wakil Ketua DPRD, yakni Edi Gunawan, Mariyanto dan Andi Rusli dalam rangkaian Paripurna Istimewa DPRD.  

"Ini merupakan wujud apresiasi kepada tokoh masyarakat Indragiri Hilir, yang telah berjasa dan menjadi inspirasi serta keteladanan dalam peningkatan kegiatan keagamaan, hukum dan pemerintahan, kemasyarakatan, sosial ekonomi, pembangunan daerah serta pendidikan dan kebudayaan," ujar Bupati Wardan dalam sambutannya.

Kepada para penerima  penghargaan, Ketua DPRD Dr Ferryandi mengucapkan selamat dan berharap agar dapat dijadikan suri tauladan bagi masyarakat, khususnya generasi penerus perjuangan bangsa dan daerah dalam mengisi pembangunan untuk Kabupaten Inhil yang lebih maju.

"Mudah-mudahan, penghargaan ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk terus berbuat dan berkontribusi bagi pembangunan dan kemajuan Inhil ke depan," kata Ketua DPRD, Dr Ferryandi.

Adapun para penerima penghargaan Gemilang Award tahun 2021 yang diwakili ahli warisnya, yaitu :

1. Tuan Guru Syekh Haji Abdurrahman Ya’qub, lahir tanggal 12 Oktober 1912 M/1331 H di Desa Sungai Bangkar, Kecamatan Reteh. Tokoh Agama, Pendiri Madrasah Nurul Wathan dan Penulis Kitab-kitab tentang Tauhid, Fiqih, Ilmu Waris dan Ilmu Falak.

2. DR. H. Abbas Said, SH, MH, merupakan Hakim Agung Tahun 2004-2010, Komisioner Komisi Yudisial 2010-2015, pernah bertugas di Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 1972-1983.

3. H. Abd. Rasyid Al Djolok, lahir di Pulau Kijang, tahun 1921. Adalah tokoh masyarakat dan Tokoh Adat Kecamatan Reteh, yang aktif di bidang seni membuat syair-syair Melayu, aktif dalam pembinaan  Kamtibmas dan bidang-bidang lainnya.

4. H. Kamrus Hass, lahir di Kecamatan Enok pada tahun 1921, beliau merupakan tokoh masyarakat sekaligus pengusaha Tembilahan, Direktur Perusahaan CV. KAFSYAKH yang bergerak di bidang kontraktor sejak 1973 sampai sekarang.

5. Drs. H. Baharuddin Yusuf, mantan Bupati Indragiri Hilir Tahun 1967-1977. Di bawah kepemimpinannya, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir telah menerima Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha pada tahun 1973. Penghargaan tersebut merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada institusi Pemerintah yang menunjukkan karya tertinggi pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

6. H. Kemas Mursyid Bin H. Kemas Abdullah Siroj, merupakan Tokoh Pendidikan Agama Islam dan Pelopor berdirinya Madrasah al-Idrisiyah di Tembilahan. ***

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler