Kanal

Diwarnai Dua Gol Bunuh Diri, Jerman Permalukan Portugal

RIAUIN.COM - Timnas Jerman berhasil menaklukkan Portugal dengan kemangan 4-2 dalam lanjutan Grup F Euro 2020 (Euro 2021) di Allianz Arena, Munich, Sabtu (19/6).

Sempat memimpin lewat gol Cristiano Ronaldo pada menit ke 15, Jerman tampil menggila. 2 gol bunuh diri tercipta dalam waktu 4 menit. Kedua gol tersebut dicetak oleh Ruben Diaz pada menit 35 dan Guerreiro pada menit ke 39. 

Pada babak kedua, kedua tim bermain ofensif. Buktinya, 3 gol tercipta bagi kedua tim dalam waktu 17 menit. Kai Havertz  mencetak gol pada menit 51 dan Gosens 9 menit berselang. Sementara Diego Jota memperkecil defisit gol Portugal pada 7 menit kemudian. Skor 4-2 untuk kemenangan Timnas Jerman bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Jerman menempati posisi 2 klasemen Grup F dengan perolehan 3 poin dalam dua laga. Sementara Portugal harus turun ke posisi 3. Persaingan untuk lolos ke fase knockout akan ditentukan pada laga terakhir. Jerman akan menghadapi Hongaria, sementra Portugal akan berhadapan dengan Perancis.

Jalannya pertandingan

Kickoff babak pertama dimulai, Jerman langsung mengambil inisiatif seranngan pada sayap kanan pertahanan Portugal.

Jerman terus mengurung pertahanan Portugal. Akhirnya pada menit ke 5, Gnabry menjebol gawang Portugal, namun sayang gol tersebut dianulir oleh wasit karena offside.

Terus menekan, Jerman meraih peluang di pada menit ke 10. Sayang, tendangan Kai Havertz masih bisa diblok kiper Portugal Rui Patricio.

Dua menit berselang, Jerman kembali meraih peluang emas. Disiplinnya pertahanan Portugal membuat serangan anak asuhan Joachim Low ini dapat dipatahkan.

Muller, Havertz dan Gnabri secara silih berganti melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Portugal.

Asik menyerang, sebuah skema serangan balik Portugal dari sayap kanan pertahanan Jerman membuat jantung pendukung berdegup kencang.

Bernanrdo Silva yang melihat Diego Jota berlari tak terkawal memberikan umpan lambung yang cukup matang. Diego Jota yang berhadapan dengan Manuel Neuer memberikan asis kepada Ronaldo. CR7 yang tak terkawal dengan mudah membobol gawang Jerman, gol 1-0 untuk Portugal.

Gol ini merupakan gol ke 3 Ronaldo sepanjang perhelatan Euro 2020, dimana 2 gol sebelumnya dicetak saat Portugal menghadapi Hongaria.

Pada menit ke 22, Portugal kembali meraih peluang. Umpan lambung yang langsung mengarah ke kotak penalti Jerman gagal di konversi menjadi gol oleh Ruben.

Ketinggalan 1 gol, Jerman berusaha bangkit. Pada menit 24, umpan lambung Gnabry gagal dimanfaatkan oleh Matt Hummels. 

Permainan yang cepat dan keras ditampilkan oleh kedua tim. Jual beli serangan pun terus terjadi. Jerman yang tak mau dipermalukan didepan pendukungnya, terus menggempur pertahanan Portugal.

Akhirnya pada menit ke 35, sebuah umpan matang dari Gosens berbuah gol bunuh diri oleh Ruben Diaz. Bola yang diarahkan kepada Kai Havertz salah diantisipasi oleh Diaz. Skor berubah menjadi sama kuat 1-1.

Gol tersebut memicu semangat para punggawa Jerman. Terus mendapatkan tekanan, para pemain Portugal melakukan kesalahan. Kini giliran Guerreiro  melakukan blunder yang berujung gol bunuh diri. Kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Jerman. 

Di penghujung babak pertama, Gnabry kembali meraih peluang, namun tendangan kerasnya masih bisa dimentahkan oleh kiper Portugal Rui Patricio.

Pada babak kedua, para pemain Jerman tidak mengendorkan serangan. Ini terlihat dari statistik penguasaan bola yang begitu jauh yakni 62 persen berbanding 38 persen.

Pada menit 51, Kai Havert berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari umpan Thomas Muller kepada Gosens di sayap kanan pertahanan Portugal. Pemain bernomor punggung 20 ini memberikan umpan matang kepada Kai Havertz. 

Penyerang Chelsea ini tidak menyia-nyiakan peluang, ia berhasil mencetak gol pertamanya dan kedudukan berubah menjadi 3-1.

Unggul 3-1, Jerman tidak menurunkan intensitas serangan. Sembilan menit berselang, kali ini giliran Gosens yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari umpan lambung Muller, sundulan Gosens tidak dapat di antisipasi oleh Rui Patricio. Para pendukung Jerman kembali bersorak, skor 4-1 untuk Jerman.

Defisit tiga gol, anak asuhan Fernando Santos mencoba untuk memperkecil ketertinggalan. Pada menit ke 67, berawal dari tendangan bebas, Ronaldo memberikan umpan matang kepada Diego Jota. 

Jota yang tak terkawal, mampu menjebol gawang Neuer, skor berubah menjadi 4-2 untuk keunggulan Jerman.

Hingga laga usai, kedudukan 4-2 untuk tetap bertahan.

Portugal: 1-Rui Patrício, 2-Nélson Semedo, 4-Rúben Dias, 3-Pepe, 5-Guerreiro; 13- Pereira, 14-William Carvalho; 21-Diogo Jota, 11-Bruno Fernandes, 10-Bernardo Silva; 7-Ronaldo

Pelatih: Fernando Santos

Germany: 1-Neuer, 4-Ginter, 5-Hummels, 2-Rüdiger; 6-Kimmich, 21-Gündo?an, 8-Kroos, 20-Gosens; 7-Havertz, 25-Müller; 10-Gnabry

Pelatih: Joachim Low -dn

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler