Kanal

TNI AU dan US Air Force Mulai Latihan Terbang Familiarisasi di Pekanbaru

RIAUIN.COM - TNI Angkatan Udara dan United State Pacific Air Force (USPACAF) Amerika Serikat telah mengawali latihan teknik manuver bersama, dengan terbang familiarisasi atau terbang pengenalan.

Program latihan gabungan dengan sandi Cope West 2021 ini dilaksanakan di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin  Pekanbaru. Terbang familiarisasi ini diantaranya falcon flight, panther flight dan rage flight yang telah dimulai sejak kemarin.

Hal ini diungkapkan oleh Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel (Pnb) Jajang Setiawan, selaku Direktur Latihan Cope West.

"Tujuan terbang familiarisasi untuk mengetahui alternate aerodrome dan visualisasi area latihan," ujarnya dalam siaran pers Rabu (16/6/21).

Selain itu, terbang familiarisasi juga sekaligus untuk mengenali ketinggian-ketinggian. Seperti perbukitan, menara pemancar dan lainnya, yang ada di areal latihan bersama Cope West 2021.

Lebih jelas ia merincikan bahwa sebanyak delapan pesawat tempur F-16 dari TNI-AU dan USPACAF Amerika Serikat ikut dalam kegiatan tersebut. Sementara pesawat tempur multirole yang ikut serta, berasal dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi dan 13th Fighter Squadron Mizawa AFB Jepang.

 Menurutnya program Cope West 2021 merupakan ajang latihan bagi para penerbang pesawat tempur F-16 TNI AU-USPACAF.

"Tujuannya, setiap penerbang kedua negara saling berbagi ilmu dan berbagi pengalaman, untuk meningkatkan profesionalitas para penerbang kedua negara bersahabat ini." -dn

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler