Kanal

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Pelalawan, Ini Pesan Ketua MPR RI

RIAUIN.COM– Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)  Republik Indonesia H.Bambang Soesatyo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau dalam kegiatan sosialisasi 4 pilar MPR RI, Pancasila Sebagai Dasar Ideologi Negara, Jumat (4/6/2021).  

Acara yang dihadiri Gubernur Riau H.Syamsuar, Bupati H.Zukri, Wakil Bupati, H.Nasarudin digelar di Sekolah TInggi Teknologi Pelalawan (ST2P) Langgam. Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini bersempena peringatan hari lahirnya Pancasila ke-76 tanggal 1 Juni, kemarin. 
 
"Di usia 76 tahun Pancasila, umur yang begitu matang namun masih saja ada yang meragukan Pancasila. Sebagai warga Indonesia kita tidak hanya menghafal sila-sila dalam Pancasila, namun merealisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat," kata Bamsoet.

Empat pilar MPR RI, kata dia, adalah empat landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi, konstitusi, persatuan dan kesatuan, dan semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan Bangsa Indonesia.

"Sistem demokrasi kita hari ini masih berkutat dengan angka dan aspirasi. Di mana angka harus banyak untuk menang. Angka yang dimaksud yakni suara terbanyak. Biaya politik begitu mahal. Kita harus didukung oleh partai politik lalu harus menggunakan dana besar untuk kampanye. Belum kalau ada gugatan pastinya akan biaya lagi," ungkapnya.

Bamsoet mengajak mahasiswa ST2P dan generasi muda bangsa untuk mengkaji kembali sistem demokrasi yang berjalan selama ini.

"Renungan bagi kita semua, sebagai anak bangsa untuk memperkuat dasar dan pedoman negara dalam konteks kehidupan berbangsa," ujarnya.

Konsisten dalam menjalankan Garis-garis Besar Haluan Negara yang merupakan haluan negara tentang penyelenggaraan negara dalam garis-garis besar sebagai pernyataan kehendak rakyat secara menyeluruh dan terpadu yang ditetapkan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat untuk lima tahun guna mewujudkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan.

"Misi, visi bupati dan wakil bupati harus menjadi pokok-pokok haluan Negara. Komitmen dan konsisten dalam menjalankan GBHN dan PPHN sangat dibutuhkan dalam bernegara dan berbangsa," imbuhnya. -mmd

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler