Kanal

Percepat Target, Walikota Pekanbaru Luncurkan Bus Vaksinasi Keliling

RIAUIN.COM - Walikota Pekanbaru, Firdaus, secara resmi meluncurkan lima unit armada  bus vaksinasi Covid-19 keliling, Kamis (27/5/2021). Bus vaksinasi keliling untuk mengoptimalkan pemberian vaksin bagi masyarakat yang tak terjangkau Puskesmas.

Kelima bus ini nantinya akan beroperasi di seluruh kelurahan yang termasuk zona merah penularan Covid-19. Layanan ini untuk memperkuat program vaksinasi di kelurahan yang dikoordinir camat dan lurah setempat.

"Selain pelayanan vaksin reguler, kita lakukan percepatan di tempat khusus. Kita sediakan bus layanan keliling," ujarnya dalam sambutan.

Dikatakan Wako, layanan bus vaksinasi keliling ini sebagai bentuk penguatan dalam upaya percepatan vaksinasi hingga ke RT dan RW, terutama di kelurahan yang berada di zona merah.

Orang nomor satu di Pekanbaru ini juga mengajak masyarakat untuk mendukung upaya percepatan vaksinasi. Ia berharap masyarakat berperan aktif dalam menekan angka penularan Covid-19 serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Bus ini datang ke kelurahan, agar masyarakat lebih mudah mendapat vaksin," ujarnya.

Rencananya, bus ini mulai beroperasi secara penuh pada akhir pekan. Untuk tahap awal, lima unit bus akan beroperasi untuk mendukung percepatan vaksin secara reguler dan di lokasi khusus.

Armada bus vaksinasi keliling ini merupakan inovasi untuk menjangkau seluruh masyarakat yang belum divaksinasi dengan membawa tim vaksinator yang akan bergerak secara mobile untuk menyasar kecamatan zona merah serta tempat startegis dalam melayani vaksinasi bagi masyarakat. 

Khusus untuk kelompok Lansia, dan masyarakat yang belum memiliki KTP Pekanbaru namun berdomisili di Pekanbaru tetap dapat melaksanakan vaksinasi.

Sementara itu, Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan dalam sambutannya mengatakan, program bus vaksinasi keliling ini merupakan yang pertama di Indonesia. Program ini sebagai bentuk tindak lanjut instruksi Presiden RI Joko Widodo pada saat kunjungan kerja ke Pekanbaru belum lama ini.

"Bus-bus ini akan berkeliling di lokasi yang sudah ditetapkan. Yakni di wilayah Timur, Utara, Barat, Selatan dan di tengah central Kota Pekanbaru. Dengan demikian masyarakat dapat lebih mudah mendapat pelayanan vaksinasi Covid-19 ini dan target yang diberikan dapat diselesaikan dalam waktu cepat," ujarnya.-adv,vie

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler