Kanal

Pemkab Asahan Gelar Haul 2 Tahun Wafatnya H Taufan Gama Simatupang

RIAUIN.COM - Bertempat di Ruang Utama Rumah Dinas Bupati Asahan, Pemerintah Kabupaten Asahan melaksanakan Haul 2 Tahun Berpulangnya ke Rahmatullah Almarhum Buya Drs H Taufan Gama Simatupan MAP, Kamis (22/4/2021).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Asahan H Rahmat Hidayat Siregar SSos, MSi menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah untuk mengenang dua Tahun berpulangnya mantan Bupati Asahan Buya  Alm Drs H Taufan Gama Simatupang MAP.

Peringatan haul tersebut dimulai dengan pembacaan tahtim, tahlil dibawakan Buya Syakban Nasution, zikir oleh Ustadz Supian MA, dan doa dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Asahan Salman Abdullah Tanjung LC MA.

Dalam ceramahnya, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan H Ahmad Qosyim Marpaung MSi menyampaikan pentingnya sabar dalam menghadapi musibah. 

"Allah mencintai orang-orang yang bersabar, Dia akan selalu dekat dengan orang yang bersabar, memberikan kebahagiaan pada orang-orang yang bersabar. Allah akan memberikan pahala dan ganjaran yang tanpa batas bagi orang-orang yang bersabar," kata penceramah Ahmad Qosyim Marpaung.

Selain itu, lanjutnya, sabar bisa dikategorisasikan secara garis besar ketiga bagian yang utama. Yaitu pertama, sabar karena pertolongan Allah. Artinya, seseorang mengetahui kesabaran karena pertolongan-Nya. Dan, Allah-lah yang menganugerahkan kesabaran kepada hamba-Nya.

Kedua, sabar untuk Allah SWT. Maknanya, pendorong umat untuk bersabar adalah karena cinta pada-Nya. Penuh harap dan mendekat dengan berbagai ragam ketaatan kepada-Nya. Bukan hanya untuk memperlihatkan jiwa yang kuat dan ketabahan terhadap manusia lain ataupun tujuan lain.

"Ketiga, sabar beserta Allah. Yakni, sabar yang dilakukan sesuai dengan hukum-hukum Allah. Sehingga, dia dapat menegakkan hukum Allah sekuat tenaga, pikiran, dan hatinya," ujar Ahmad Qosyim. 

Sementara itu setelah melaksanakan buka puasa bersama dan shalat Maghrib berjamaah acara dilanjutkan kembali.

Bupati Asahan dalam sambutannya mengajak untuk selalu menyampaikan doa kepada Almarhum Buya Drs H Taufan Gama Simatupang MAP. "Semoga Almarhum ditempatkan di sisi Allah SWT, dan amaliyah-amaliyah yang telah dibacakan tadi disampaikan kepada Almarhum," kata Bupati Surya.

Lebih lanjut Bupati juga mengajak untuk selalu berfikir positif dan berbaik sangka untuk kemajuan Kabupaten Asahan kedepan, utamanya dalam melanjutkan program-program pembangunan yang telah direncanakan Almarhum.

“Mari kita tuntaskan program pembangunan yang belum terselesaikan oleh Almarhum dimasa kepemimpinan beliau,” ucap H Surya.

Pada kesempatan tersebut, mewakili keluarga almarhum Drs H Taufan Gama Simatupang, Armen Simatupang menyampaikan atas nama keluarga besar almarhum mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan haul dua tahun Almarhum, dan kedepan akan mendukung program pembangunan yang ada di Kabupaten Asahan.

Acara diakhiri dengan shalat Isya dan tarawih berjamaah.

Hadir dalam Acara Bupati Asahan H Surya BSc, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi, Sekretaris Daerah Drs John Hardi Nasution, Ketua TP PKK Hj Titiek Sugiharti Surya MPd, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny Yusnila Indriati Taufik, Ketua MUI Kabupaten Asahan H Salman Abdullah Tanjung LC MA, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan Ahmad Qosyim Marpaung MSi, Ketua dan Pengurus Golkar Kabupaten Asahan, para Asisten Setdakab Asahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, OPD, para Camat, Armen Simatupang, Darma Simatupang serta Keluarga Almarhum Drs H Taufan Gama Sumatupang. - KARMILA

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler