Kanal

Sumbar Berguru ke Riau Pelajari Tangani Karhutla

RIAUIN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ingin mencontoh Riau, dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Tidak hanya teknis penanganan, tetapi juga dalam penganggaran. Keberhasilan Riau dalam "menggagalkan ulang tahun" Karhutla yang dulu menjadi momok setiap tahunnya, menjadi alasan provinsi tetangga tersebut. 

"Riau menjadi percontohan penanganan Karhutla secara nasional. Mereka belajar bagaimana menanyakan, mulai soal anggaran hingga penanganannya," kata Kepala BPBD Provinsi Riau, Edwar Sanger, Selasa (2/2/21).

Selain itu, lanjut Sanger bagaimana melibatkan peran swasta juga menjadi ulasan untuk penanganan Karhutla. Kemudian, aplikasi Lancang Kuning yang dimiliki Polda Riau dalam upaya mendeteksi dini Karhutla juga dipaparkan Edwar.

"Waktu pertemuan kita bersama BPBD Sumbar, kita jelaskan bagaimana upaya kita menangani Karhutla terjadi di Riau. Bagaimana melibatkan peran swasta, termasuk aplikasi Lancang Kuning yang digagas Polda Riau," papar mantan Penjabat Walikota Pekanbaru itu.

Lebih lanjut, Edwar juga menceritakan pernyataan Kepala BPBD Sumbar, Rachman soal intensitas Karhutla di daerah perbatasan Sumbar-Riau. Mereka ingin, bagaimana penangan Karhutla bisa cepat diatasi.

"Yang namanya Karhutla itu tak mengenal wilayah. Apalagi lokasinya dekat perbatasan. Kalau ini terjadi, kita bisa saling berkoordinasi dan mengambil langkah cepat, khususnya memadamkan di wilayah kita," ungkap Edwar. - gha/mcr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler