Kanal

Jelang Ramadan, Kades Babussalam dan Masyarakat Gelar Ziarah Kubur Basamo

PASIR PANGARAIAN, Riauin.com - Kepala Desa (Kades) Babussalam Kecamatan Rambah, serta sejumlah perangkat desa dan ratusan masyarakat, gelar ziarah kubur bersama (Basamo) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Babussalam.

Dikatakan Kades Babussalam Kecamatan Rambah, Basron, Jumat (26/5/2017), kegiatan ziarah kubur merupakan tradisi masyarakat Babussalam, yang dilakukan setuap menjelang masuknya Bulan Suci Ramadan.

“Ini sudah kegiatan rutin sejak pendahulu kita, terutama ziarah yang dilakukan secara beramai-ramai menjelang masuknya bulan Suci Ramadan. Dengan ziarah ke makam, kita ingat akan kematian dan yang tepenting lagi kita mendoakan keluarga kita yang sudah  meninggal dunia,” kata Basron.

Tradisi ziarah kubur yang dilaksaakan Kades dan warga Desa Babussalam, menurut Basron, tidak saja untuk melihat dan mendoakan keluarga yang suah meninggal dunia. Namun, melalui kegiatan ziarah kubur bersama juga meningkatkan silaturrahmi dan kekompakan di masyakat.

“Kemudian, kita juga sambil membersihkan makam keluarga kita. Sehingga, melalui kegiatan ziarah kubur bersama banyak hikmah yang bisa kita petik disana. Jelasnya, kita ziarah kubur untuk mengingatkan diri bahwa kita juga nantinya akan meninggal dunia dan di kubur. Dengan begitu, maka kita akan memperbanyak iman dan ketaqwaan agar saat meninggal dunia kita bisa ditempatkan di Syurga,” ucap Basron.(hrc)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler