Kanal

Harga Buah Sawit Naik, Nilai CPO di Riau Capai Rp9.613 Per Kilogram

RIAUIN.COM - Harga komoditas minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) Malaysia kembali melesat. Hal ini pun berimbas positif dan menaikan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit tanah air, khususnya Provinsi Riau.

"Untuk harga CPO di Riau saat ini Rp9.613.72 per kg dan harga kernel Rp5.343.69 per kg," kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Selasa (10/11/2020).

Ia menjelaskan, kini kontrak futures CPO diperdagangkan di harga tertinggi sepanjang tahun jika dibandingkan dengan harga penutupan perdagangan sebelumnya.

Pada Senin (9/11/2020), harga CPO untuk kontrak pengiriman Januari 2021 di Bursa Malaysia Derivatif Exchange naik 1,4 persen dari posisi penutupan akhir pekan lalu ke level RM 3.226/ton.

"Hari ini harga kontrak futures minyak melesat lebih dari 2,5%. Harga minyak berjangka Brent yang tadinya drop ke bawah US$ 40/barel kini sudah kembali ke level tersebut. Harga minyak mentah turut menjadi sentimen yang menggerakkan harga CPO," kata Defris.

Pasalnya, kata Defris, minyak nabati ini juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan biodiesel yang merupakan bahan bakar pengganti minyak.

"Harga minyak yang naik membuat penggunaan biodiesel dari minyak sawit menjadi lebih menarik. Sebaliknya, jika harga minyak anjlok membuat penggunaan minyak sawit untuk biodiesel menjadi kurang kompetitif," ujarnya.--mcr/nal.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler