Kanal

Muhammadiyah Riau Edukasi Prokes dengan Bagi Masker di Hari Sumpah Pemuda

RIAUIN.COM- Sebagai salah satu organisasi besar di Indonesia, khususnya Riau, Muhammadiyah terpanggil untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum mereda hingga hari ini. 

Edukasi prokes yang dilakukan Muhammadiyah Riau dilakukan dengan aksi bagi masker gratis kepada masyarakat bersempena peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92. Kegiatan yang digelar, Sabtu (24/10/2020) difokuskan di dua tempat, yakni di Pasar Cik Puan dan Pasar Pusat.

"Kita tahu bahwa di Pekanbaru masih tinggi angka positif Covid, untuk itu kami menghimbau dan mengajak masyarakat agar terus mematuhi protokol sehingga rantai pandemi ini bisa kita putus," kata Sekretaris PW Muhammadiyah Riau, H Abunawas SAg MM.

Kegiatan ini, sejalan dengan program Pimpinan Pusat yang sedari awal Pandemi sudah membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) bahkan sampai ke daerah dengan berbagai agenda untuk bersama-sama Pemerintah menanggulangi akibat dan dampak yang tinggi karena virus Corona.

"Kegiatan ini juga mengambil tema bersempena dengan Sumpah Pemuda, untuk itu kami mengajak MCCC , MDMC, LazisMu, Angkatan Muda Muhammadiyah, Ortom dan Mapala UMRI supaya sama-sama bergerak," ujar mantan anggota DPRD Kota Pekanbaru ini.

Bulan depan kegiatan serupa di tambah dengan program lain juga akan kembali di gagas oleh Muhammadiyah Riau, "Bulan November bertepatan dengan Milad ke 108 Masehi Muhammadiyah, inilah bentuk nyata dari aksi persyarikatan," tutupnya. 

Seorang petugas pembersih sampah di Pasar Cik Puan mengaku belum banyak mengetahui mengenai pentingnya menerapkan prokes, karena selama ini dirinya dan teman-teman belum pernah dikunjungi tim dari Puskesmas maupun instansi terkait lainnya.

"Memang sudah ada dari pemerintah dan organisasi yang bagi-bagi masker dan handsanitizer, tapi kami belum paham betul soal penerapan protokol kesehatan. Kami kira itu hanya sosialisasi biasa saja. Ini lah baru kami paham pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan disiplin protokol kesehatan," kata Ujang. -vie

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler