Kanal

Promosikan Pantai Solop, Disparporbud Inhil Gelar Sapta Pesona

TEMBILAHAN, Riauin.com - Dinas Pariwisata Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporbud) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Aksi Sapta Pesona Tahun 2017 di Pantai Solop, Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Minggu (14/5/2017). Aksi ini bagian dari upaya mempromosikan objek wisata ungulan Negeri Seribu Parit tersebut.

"Pantai Soplop masih menjadi objek wisata unggulan Kabupaten Inhil. Kendati pantai yang memiliki pasir sangat indah ini sudah cukup tersohor, tapi bagi kami masih butuh dipromosikan lagi," ungkap Kepala Disparporbud Inhil, Junaidi SSos MSi yang mengaku bangga karena Pantai Solop terpilih sebagai destinasi Aksi Sapta Pesona.

Dijelaskan, Aksi Sapta Pesona dimulai dengan kegiatan bersih bersih dan gotong royong oleh kelompok Sadar Wisata. Diharapkan dengan kegiatan ini akan menggairahkan kembali destinasi Pantai Solop dan sesuai dengan kaidah-kaidah Sapta Pesona.

Disebutkan, Aksi Sapta Pesona Pantai Solop diikuti 200 peserta yang terdiri dari pedagang kaki lima, pengelola home stay, pelaku kuliner, pengrajin cinderamata, pemandu wisata, pengelola atraksi seni budaya, pemandu selam, pemandu arung jeram, pemandu outbond dan bidang lainnya di destinasi wisata.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Riau, Fahmizal melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Riau, Yulisma SSos MM, mengatakan, Aksi Sapta Pesona ini sudah masuk dalam agenda pengembangan pariwisata di Riau. Kegiatan ini betujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya implementasi butir-butir sapta di destinasi pariwisata.

Butir-butir Sapta Pesona itu diantaranya adalahd aksi bersih-bersih/gotong royong, penamanan pohon, dan pemasangan papan imbauan sapta pesona di destinasi wisata. "Sehingga tercipta destinasi pariwisata yang bersih, tertib, sejuk, indah, ramah dan meninggalkan kenangan bagi wisatawan. Kita berharap potensi objek wisata yang ada nantinya dapat dikelola dan dikemas dengan baik agar banyak yang berkunjung ke Tembilahan," ujarnya.

Kegiatan turut dihadiri Ketua DPRD Inhil, HM Dani M Nursalam, Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Nasrijal, Kabid Pariwisata Inhil Haryono Karim, Camat Mandah Umar dan jajaran Kepala Desa di Kecamatan Mandah.(*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler