Kanal

BBKSDA Riau Evakuasi Pesut Berusia 30 Tahun di Desa Sungai Segati Pelalawan

RIAUIN.COM - Sempat heboh keberadaan Pesut di Desa Sungai Segati, aliran Sungai Kampar di Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan sudah sepekan ini menjadi tontonan warga sekitar. Hal ini terbukti banyak masyarakat mengabadikan lewat video ponsel dan mengambil foto hewan mamalia tersebut.

"Sudah dua hari nengok pesut di sungai segati, info berawal dari nelayan sekitar ada pesut di sungai. Dari situ warga ramai melihat, pesutnya agak liar karena banyak orang lihat ," kata Sudirman, Jumat (18/9) kemarin.

Sudirman memperkirakan, pesut itu berasal dari Kuala Kampar 

"Pesut terdampar dari Kuala Kampar masuk ke hulu, dan masuk ke sungai segati, pihak BKSDA Provinsi Riau sudah beberapa kali tinjau tempat ini,"  jelasnya

BKSDA Provinsi Riau melalui Kabid KSDA wilayah I Riau Andre Hansen Siregar, membenarkan sudah tiga hari berada di segati untuk evakuasi pesut.

"Sudah kita evekuasi ke Sungai Kampar, tepatnya di lokasi Istana Sayap Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan menggunakan jalur darat dengan mobil pick up," kata Andre Hansen Siregar, Sabtu(19/9/2020) malam.

Menurut Kabid KSDA Wilayah 1 Riau keterangan nelayan dan masyarakat Kecamatan Pelalawan sering melihat grombalan pesut sekitar 7 ekor.

"Alasan ini dibarengi dengan bukti bahwasnya sangat tepat dilepaskan di Kecamatan Pelalawan, misalkan nanti dilepas sangat jauh tingkat stres pesut tinggi mengakibatkan mati, bila nanti dilepas sangat jauh," terangnya 

Lebih lanjut dikatakan, pesut di tangkap menggunakan jaring, dimasukan dalam wadah berisikan air, dialasi dengan terpal serta dimasukan, lalu dievakuasi melalui jalur darat memakai mobil pick up untuk dibawa ke Pelalawan.

"Pesut berumur sekitar 30 tahun, dengan jenis kelamin jantan, panjang 2,20 centi meter,  dalam keadaan normal dan sehat. Untuk habitat pesut sebenarnya diperalihan air tawar dengan air asin , pesut sejenis hewan mamalia yang sering disebut lumba-lumba air tawar yang statusnya terancam. 

"Sebenarnya pesut dapat bertahan lama di air tawar. Hal ini membuktikan ekosistem sungai kita masih terjaga sehingga didatangi pesut mencari ikan  untuk dia makan," tandasnya.--mcr/nal.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler