Kanal

Salat Ied di Masjid Agung Annur, Gubri Syamsuar Ajak Umat Berkorban Melawan Covid-19

RIAUIN.COM - Gubernur Riau H Syamsuar melaksanakan shalat ied di Masjid Agung Annur Pekanbaru bersama ratusan jamaah lainnya. Pada Hari Raya Idul Adha 1441 H ini, Jumat (31/7/2020), shalat ied dilaksanakan dengan jamaah yang terbatas dan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Terlihat setiap jemaah yang akan memasuki areal masjid wajib menggunakan masker, mencuci tangan, membawa sajadah serta pemeriksaan suhu tubuh.

Gubernur Riau, Syamsuar dalam sambutannya mengapresiasi antusiasme umat muslim menunaikan salat ied di Masjid Agung Annur meski harus mematuhi ptotokol kesehatan.

Pada kesempatan itu, Syamsuar juga menyampaikan terkait kondisi pandemi Covid-19 di Riau yang cenderung meningkat akhir-akhir ini.

"Kami ingatkan kepada kita semua agar tetap mematuhi protokol kesehatan, karena covid-19 sekarang cenderung meningkat. Dulu ada kabupaten Rokan Hilir yang nihil kasus Covid-19, sekarang sudah semua daerah di Riau ditemukan orang terkena Covid-19 ini. Ditambah lagi hampir setiap hari terjadi pertambahan pasien Covid-19. Mari kita tingkatkan kewaspadaan," ucap Syamsuar.

Syamsuar juga mengingatkan masyarakat agar selalu memakai masker dalam setiap kegiatan diluar rumah, termasuk di lingkungan kerja.

"Seharusnya sudah jadi kewajiban memakai masker ini. Silahkan beraktivitas,  tapi protokol kesehatan tak boleh diabaikan. Untuk diketahui menggunakan masker ini maka 70 persen kita sudah menangkal penyebaran virus Corona," tukasnya.

Dengan adanya momentum Idul Adha, Syamsuar mengajak umat muslim ikut berkorban untuk kepentingan bangsa, yang saat ini "berperang" melawan penyebaran Covid-19 ini.

"Mendisiplinkan umat dalam menjalankan protokol kesehatan, membiasakan hidup bersih, merupakan salah satu cara kita berkorban menyelamatkan bangsa yang sedang dilanda musibah ini. Mari kita berikan contoh bagi umat lainnya,"ujarnya.

Shaf Berjarak 1 Meter

Pelaksaaan Salat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Raya An-Nur dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak satu meter antarjamaah.

Jamaah shalat Ied di Masjid Agung Annur Pekanbaru mengikuti protokol kesehatan. | F: RiauPos

Alhasil, daya tampung masjid yang biasa bisa menampung hingga 3000-an jamaah, hanya bisa menampung sekitar 500-an jamaah.

Akibatnya, jamaah ada yang melaksanakan shalat ied di teras serta halaman depan masjid. Sebelum memasuki halaman masjid, para jamaah terlebih dahulu harus dicek suhu tubuh serta diwajibkan menggunakan masker.

"Kami mohon maaf kegiatan Salat Id tidak bisa bisa dilakukan seperti biasanya, karena kondisi Covid-19. Ini dilakukan untuk menjaga kesehatan masyarakat," ujar Syamsuar. - fbh/mcr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler