Kanal

Milad ke-12, Umri Terus Lakukan Lompatan Luar Biasa

PEKANBARU, RiauIN.com - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menggelar syukuran hari jadi (milad) ke-12 bertempat di Gedung KH Ahmad Dahlan Umri Jalan Tambusai Ujung, Jumat (5/6/2020). Acara yang dihadiri sejumlah civitas akademika terbatas berlangsung khidmad dan penuh semangat.

Rektor Umri Dr H Mubarak dalam sambutannya mengatakan, milad ke-12 Umri pada tahun ini diselenggarakan dalam suasana yang berbeda. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, Umri tetap mengedepankan inovasi dan pengembangan yang luar biasa.

"Maka pada hari milad ini, kita sekaligus meresmikan tiga hal yang menurut saya sebuah lompatan luar biasa. Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas akademika Umri dan pihak terkait atas terlaksananya impian kita bersama ini," kata Dr Mubarak.

Adapun tiga sistem pengembangan yang diluncurkan dan diresmikan Rektor Umri adalah, pertama Sistem Pelayanan Akademik Terpadu (Sipatu), Sistem Informasi Kuliah Online (Sikuli), Pengajian Umat Online.

Dikatakan Mubarak, dengan diluncurkannya tiga sistem teknologi kekinian tersebut maka ke depan Umri akan menjadi kampus terbaik dan terkemuka di Indonesia.

"Ini sebuah tancapan penting untuk masa depan Umri. Hari ini kita launching, maka mulai hari ini kita sudah bekerja dengan cara baru untuk menyusul masa depan Umri yang gemilang. Dan Umri akan terus melakukan lompatan-lompatan yang luar biasa," kata Mubarak.

Pada kesempatan itu Rektor Umri bersama PW Muhammadiyah Riau dan Badan Pembina Harian (BPH) Umri meresmikan pemakaian gedung baru yang cukup megah. Gedung perkuliahan lima lantai tersebut dinamakan Gedung AR Sutan Mansur.

Sementara itu, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi dan Litbang PP Muhammadiyah, 
Prof Lincolin Arsyad mengucapkan selamat atas peresmian dan pencapaian Umri.

"Saya atas nama pribadi dan Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah menyampaikan selamat kepada Pak Rektor Umri dan segenap civitas akademika Umri. Tentu juga kepada tokoh dan senior Muhammadiyah Riau yang berjibaku dalam mendirikan Umri belasan tahun yang lalu," ujar Prof Lincolin Arsyad dalam sambutannya via video conference kepada hadirin acara milad.

Dalam pada itu Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Umri Prof Dr Isjoni menyatakan pihaknya akan terus mendorong Umri untuk mencapai kemajuan-kemajuan selanjutnya.

Dikatakan, Umri lahir dari ikhtiar keras para tokoh senior Muhammadiyah Riau yang peduli pada pendidikan di Riau. Kelahiran Umri dibidani dari beberapa akademi yang dimiliki Muhammadiyah Riau pada waktu itu. Yakni, Akademi keuangan perbankan (sekarang menjadi Fakultas Ekonomi dan Perbankan), Akademi Otomotif Riau (sekarang menjadi Fakultas Teknik) dan Akademi Keperawatan (sekarang menjadi Fakultas MIPA dan Keperawatan).

"Yang kami syukuri, justru ditengah pandemi Covid-19 Umri semakin menggeliat dan berinovasi. Saya setuju dengan pernyataan pak Rektor tadi, pandemi Covid-19 tidak boleh membuat Umri lemah. Malah sebaliknya lahir inovasi-inovasi yang berguna dalam menciptakan Umri yang hebat," ujar Isjoni.(fbh)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler