Kanal

Hindari Covid-19, Bupati Kuansing Perintahkan Poskowas Perhentian Sungkai Dijaga Ketat

KUANSING, RiauIN.com - Hari pertama kerja pasca Idul Fitri kemarin, Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H Mursini langsung meninjau Posko Pengawas Pengendalian Covid-19. Poskowas yang ditinjau oleh Bupati Kuansing itu terletak di Perhentian Sungkai, Kecamatan Pucuk Rantau.

Ruas jalan tersebut biasanya merupakan jalan alternatif bagi warga dari Sumbar maupun dari Riau menuju Sumbar.

Di Posko itu, Bupati Mursini memerintahkan kepada petugas agar menjaga ketat bagi warga yang lalu lalang dan melintasi perbatasan tersebut.

"Hal ini gunanya untuk mengantisipasi penyebaran Covid - 19 dari luar daerah khususnya Provinsi Sumbar, yang merupakan zona merah, maka Bupati memerintahkan memperketat penjagaan di Poskowas Perhentian Sungkai," ujar Jubir Covid - 19 Kuansing, Agusmandar, Rabu (27/5/2020) pagi.

Baca Juga:
Sudah Tiga Hari, Nol Penambahan Pasien Positif Corona di Riau

Bupati Mursini tidak ingin ada warganya yang terjangkit covid-19. Oleh karena itu, ia menegaskan agar seluruh Poskowas baik yang berada di perbatasan dijaga ketat. Termasuk Poskowas Perhentian Sungkai.

"Poskowas Perehentian Sungkai ini sudah efektif sejak 18 Mei lalu. Namun pada malam takbiran dan Hari Raya Idul Fitri petugas kita istirahat melaksanakan sholat Idul Fitri. kemudian hari kemarin kembali aktif," ungkap Agusmandar.

Agus Mandar juga menjelaskan situasi di Poskowas Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik. Di Posko ini sudah dijaga ketat oleh petugas serta Brimob dan Sabhara dari Polda Riau sebanyak 70 personil.

"Maka pengemudi travel dan masyarakat yang melintas ke Sumatera Barat mencari jalan alternatif," ucapnya.

Jadi salah satu jalan alternatif tersebut, melalui Desa SP 5 Kanagarian Padang Lawas Kabupaten Dharmas Raya ke Desa Perhentian Sungkai, Kecamatan Pucuk Rantau, Kabupaten Kuantan Singingi.

"Maka dari itu Bupati mengintruksikan Kadis Perhubungan, Kadis Kesehatan dan Camat Pucuk Rantau agar mengefektifkan Poskowas tersebut, supaya benar-benar terjaga dari masyarakat luar yang masuk ke Kuansing," jelasnya.

Petugas Poskowas ini kata Agusmandar, selain dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Pegawai Kantor Camat, juga diperkuat oleh TNI, Polri, Satpol PP, Satpam PT TBS dan Pemuda Desa Perhentian Sungkai.

Baca Juga:
Setelah 45 Hari PSBB, Mulai Hari Ini Pekanbaru Berlakukan New Normal

Selain memerintahkan, Bupati Mursini juga memotivasi petugas agar tetap semangat melaksanakan penjagaan di Poskowas, karena Kuansing masih berada dalam zona hijau daerah bebas Covid-19.

"Bupati mengajak para petugas mempertahankannya dan minta kita bersama agar menjaga daerah kita tetap aman terbebas dari Covid-19," kata Agusmandar.

Sementara kepada masyarakat yang melintas, Bupati Mursini mengimbau agar membatasi interaksi keluar masuk. Jika tidak terlalu penting maka tidak perlu keluar, sebab khawatir daerah tetangga sudah zona merah dan warganya banyak terpapar Covid-19. (hen)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler