Sabtu, 11 April 2020
Follow Us ON :
 
 
| Surat Cinta Anies untuk Warga DKI Terdampak Corona | | Positif Corona, Ketua Fraksi Golkar Sumut Meninggal Dunia | | Bupati Alfedri Gelar Video Conference Bersama Camat. | | Dosen Berstatus PDP Corona di Pekanbaru Meninggal Dunia | | Viral, Pria Ini Duduk Bersimpuh Seorang Diri di Depan Ka'bah | | Satu Warga Sail Dinyatakan Positif Corona, Total di Riau Jadi 13
 
Wabup Said Hasyim Ikuti Rakor Penyaluran Dana Desa se-Provinsi Riau
Kades Diminta Gunakan Dana Desa yang Bersentuhan Langsung Dengan Pelayanan Publik
Jumat, 21-02-2020 - 16:36:11 WIB

TERKAIT:
 
  • Kades Diminta Gunakan Dana Desa yang Bersentuhan Langsung Dengan Pelayanan Publik
  •  

    SELATPANJANG, Riauin.com - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim mengikuti rapat kerja (raker) percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa tahun 2020 di wilayah Provinsi Riau, pada kesempatan itu wabup mengimbau kepada para kades untuk dapat memanfaatkan dana desa untuk pelaksanaan kegiatan padat karya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga mampu mendorong peningkatan ekonomi di Pedesaan, bertempat di Ballroom Hotel, Labersa, Kampar, Kamis (21/2/2020).

    Hadir dalam rakor tersebut Staf Ahli Menteri PDT Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamdani, Forkopimda Riau, Kepala Badan Penelitian, Pengembangan Pengembangan Pendidikan Pelatihan dan Informasi, Kepala Dinas/Badan terkait dan lainnya.

    Pejabat Meranti yang hadir bersama Wakil Bupati, Kepala Inspektorat Meranti Drs. Suhendri, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH MH, Kepala DPMPD Meranti Drs. Ikhwani, Para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Meranti.

    Sesuai dengan tema rakor percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa tahun 2020 di wilayah Provinsi Riau kali ini yaitu "Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Dalam Menopang Ketahanan Sosial Ekonomi Masyarakat". Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim berharap penggunaan dana Desa dapat diprioritaskan untuk pelaksanaan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang mampu menggerakkan sektor-sektor produktif di Pedesaan.

    Seperti diketahui, alokasi dana desa dari pemerintah pusat tahun 2020 ini sebesar 1,47 triliun dengan masing-masing kabupaten/kota akan mendapatkan 104 miliar. Dengan besarnya dana alokasi dana Desa tersebut Wabup berharap para Kades dapat menyusun program strategis desa yang mampu mendorong peningkatan ekonomi di Pedesaan. Penggunaan dana bukan saja di fokuskan pada pembangunan Infrastruktur dan yang tak kalah penting adalah untuk peningkatan kualitas serta akhlak sumber daya manusia yang ada di Meranti.

    Karena menurutnya pembangunan fisik tanpa disertai dengan pembangunan kualitas sumber daya manusia tidak akan memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan daerah secara menyeluruh. Karena SDM yang berkualitas menjadi salah satu faktor penentu masa depan daerah yang diharapkan akan mampu mengolah seluruh potensi yang ada sehingga mampu memberikan multyplier yang luas dalam upaya percepatan pembangunan Kabupaten Meranti.

    Tak lupa wabup juga mengingatkan kepada kades agar lebih hati-hati dalam penggunaan dana Desa hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingini dikemudian hari sebab penggunaan dana desa sesuai arahan Presiden RI menjadi prioritas pengawasan dari aparat penegak hukum di Indonesia.

    Himbauan wabup itu sesuai dengan arahan Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar yang disampaikannya dalam Rakor Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 di Wilayah Provinsi Riau. Dalam Rakor itu Ia berpesan Dana Desa hendaknya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat sehingga angka kemiskinan di Provinsi Riau dapat ditekan.

    Selain itu Edy mengatakan pengalokasian dana desa dari pemerintah pusat yang terus ditingkatkan yang saat ini mencapai 1.4 Triliun untuk Provinsi Riau harus diikuti dengan kualitas sumber daya manusia yang baik dan handal dalam memanfaatkan dana desa.

    Sejauh ini menurut Edy pelaksanaan dana desa telah terbukti dengan menghasilkan sarana dan prasarana yang bermanfaat untuk masyarakat serta berhasil meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Provinsi Riau.

    "Dengan bantuan dana desa ini setiap desa memiliki kesempatan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat terutama melalui badan usaha milik desa

    Selanjutnya Wagubri berpesan dengan besarnya alokasi dana desa ini mampu menyusun program yang lebih menyentuh dengan masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

    Terakhir sebagai orang yang paling dekat dengan masyarakat, Kepala Desa diminta Edy untuk selalu melakukan identifikasi jika terjadi setiap permasalahan yang ada di desa dan dapat menyelesaikannya dengan baik.

    "Kepala Desa adalah Orang yang paling dekat dengan Masyarakatnya, oleh karena itu para Kepala Desa bertanggung jawab penuh melakukan identifikasi berbagai permasalahan yang ada di Desa," ujarnya.

    Sementara itu Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamdani saat membuka Raker Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Provinsi Riau meminta Pemerintah Kabupaten/Kota segara menyiapkan perlengkapan administrasi tentang pencairan Dana Desa sehingga tidak ada kendala dalam proses pencairan nantinya. (rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Kades Diminta Gunakan Dana Desa yang Bersentuhan Langsung Dengan Pelayanan Publik
  •  
    Komentar Anda :

     
    Indeks Berita +
    01 Surat Cinta Anies untuk Warga DKI Terdampak Corona
    02 Positif Corona, Ketua Fraksi Golkar Sumut Meninggal Dunia
    03 Dosen Berstatus PDP Corona di Pekanbaru Meninggal Dunia
    04 Viral, Pria Ini Duduk Bersimpuh Seorang Diri di Depan Ka'bah
    05 Satu Warga Sail Dinyatakan Positif Corona, Total di Riau Jadi 13
    06 Kapolresta Pekanbaru: Stok Sembako Aman Jelang Ramadhan
    07 Ikuti Saran WHO, Malaysia Perpanjang Lockdown Hingga 28 April
    08 10 PDP Corona di Riau Meninggal, Sebelum Hasil Uji Swab Keluar
    09 PT Musim Mas Semprot Disinfektan di Perumahan
    10 Gubri Larang ASN Pemprov Mudik, yang Nekad Ini Sanksinya
    11 Pemko Pekanbaru Tiadakan Petang Megang Tahun Ini
    12 Bupati Alfedri Gelar Video Conference Bersama Camat.
    13 Rumah Yatim Kembali Bantu RSUD Arifin Achmad, Ini Bantuannya..
    14 Virus Corona Tumbuh dengan Cepat di Tenggorokan, Mudah Ditularkan
    15 Tarawih dan Tadarus di Rumah Saja, untuk Kemaslahatan Umat
    16 Kabar Gembira, Bansos Pendidikan Mahasiswa Kurang Mampu Pemprov Riau Pekan Depan Cair
    17 PMI Kekurangan Darah, Polres Pelalawan Gelar Donor Darah
    18 Seorang Warga Sail Pekanbaru Dinyatakan Positif Corona
    19 150 Anggota Kerajaan Arab Saudi Positif Corona
    20 Tetap di Rumah Bisa Tingkatkan Kekerasan Terhadap Anak
    21 Rp152,6 Miliar Dana BOSDA Riau Sudah Dicairkan, Bantu 438 Sekolah
    22 Masyarakat Tionghoa Meranti Bagi-bagikan Ratusan Paket Sembako
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2018 PT. RIAU INTI MEDIA, All Rights Reserved