Kanal

Sukses Tekan Karhutla, Wagubri dan Kapolda Apresiasi Program Desa Bebas Api RAPP

PANGKALAN KERINCI, Riauin.com - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Wan Thamrin Hasyim mengapresiasi suksesnya upaya PT RAPP dalam menekan angka Karhutla di Provinsi Riau.

Hal ini disampaikan Wagubri saat memberikan sambutannya pada acara Apel Penanggulangan Karhutla tahun 2018 sekaligus penandatanganan MoU 9 desa dalam program desa bebas api yang digelar di Hanggar Bandara Khusus Sultan Syarif Harun Setia Negara, PT RAPP Pelalawan, Kamis (26/7/2018).

Ia mengatakan pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan melalui program desa bebas api adalah bukti nyata komitmen RAPP bahwa karhutla dapat secara efektif dicegah apabila seluruh elemen terlibat dalam pelaksanaannya.

RAPP berupaya menanamkan kesadaran akan bahaya dan dampak api kepada masyarakat setempat yang merupakan bentuk dari investasi jangka panjang untuk menciptakan lingkungan yang terbebas dari karhutla.

"Kami memiliki semangat agar Riau yang kita cintai ini bebas dari asap. Sebagai bentuk kontribusi dan partisipasi Riau untuk mensukseskan Asian Games 2018, kita harus pastikan tidak ada asap dan kebakaran di Riau," ujar Wan Thamrin.

Ia mengatakan sejak tahun 2014 dirinya sudah mendapatkan laporan tentang kebakaran lahan. Yang dulu pada tahun 2014 area yang terbakar mencapai 0,18 % dari total area yang dicakup RAPP kini pada tahun 2017 terus turun hingga menjadi 0,03 % saja.

"Kita ucapkan selamat dan apresiasi pada RAPP serta Pemda Pelalawan dan juga Meranti yang telah menunjukkan jati dirinya sehingga mampu membuat Riau bebas asap. Semoga Allah meridhoi dan merestui segala usaha dan upaya kita untuk membuat Riau terus bebas dari musibah kabut asap yang disebabkan oleh Karhutla," pungkasnya.

Senada dengan Wan Thamrin, Kapolda Riau Irjen (Pol) Drs Nanang MH juga memberikan apresiasi untuk Program Desa Bebas Api ini. Sebab, program in berjalan dan berhasil menurunkan luasan area kebakaran dengan signifikan.

"RAPP sudah mulai inisiatif menjaga Riau bebas asap sejak tahun 2014 dan kita semua perlu dukung. Apalagi sebentar lagi Asian Games 2018 akan berlangsung, dimana pemerintah dan pihak-pihak terkait berupaya agar acara ini dapat berjalan dengan baik dan tidak terkendala dengan asap dari kebakaran hutan dan lahan," pungkas Nanang.(int/nol)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler