Kanal

Bantuan DD Tahap I Sekitar Rp24 Miliar Sudah Ditransfer Pusat

PASIRPENGARAIAN, Riauin.com - Kabar gembira bagi pemerintah desa se Kabupaten Rokan Hulu. Dalam pekan ini, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Rokan Hulu menargetkan bantuan dana desa (DD) tahap I sebesar 20 persen dari total DD tahun 2018 harus sudah disalurkan dari Kas Daerah (Kasda) ke masing-masing rekening desa penerima DD tahun 2018.

Untuk itu, Pemerintah Desa se Kabupaten Rohul untuk segera menyiapkan seluruh persyaratan kelengkapan administrasi yang telah ditetapkan Pusat. Sehingga dana desa tahap I sebesar 20 persen dapat disalurkan dan dimamfaatkan untuk pelaksanaan pembangunan sesuai dengan Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Desa tahun 2018.

Kepala BPKAD Kabupaten Rohul Jaharuddin SP MM, Selasa (30/1) menyebutkan, pihaknya siap untuk menyalurkan bantuan DD tahap I sebanyak 20 persen atau sekitar Rp24 miliar yang telah dikucurkan Kementerian Keuangan Republik Indonesia ke Kasda Rohul, Kamis (25/1) lalu.

Karena didalam aturan penyaluran bantuan DD tahap I yang ditetapkan Pusat, menurutnya, maksimal dana desa tahap I yang telah disalurkan itu, paling lambat tujuh hari kerja dana desa yang bersumber dari APBN 2018 itu sudah disalurkan dari Kasda Rohul ke masing-masing rekening desa.

‘’Sebenarnya DD tahap I sebesar 20 persen dari total DD tahun 2018 sekitar Rp120,3 miliar yang diterima untuk 139 desa di Kabupaten Rohul sudah dapat disalurkan. Dengan catatan, pemerintah desa melengkapi seluruh kelengkapan persyaratan administrasi yang telah ditetapkan,’’jelasnya.

Jaharuddin mengaku, untuk percepatan pencairan bantuan DD tahap  1 sebesar 20 persen tersebut, pihaknya jauh hari telah berkoordinasi  dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) Kabupaten Rohul, agar menyampaikan kepada seluruh pemerintah desa untuk menyiapkan kelengkapan administrasi.

Dijelaskannya, untuk persyaratan pencairan bantuan DD tahap I sebesar 20 persen tersebut, desa harus menyiapkan APBDesa tahun 2018 yang telah ditetapkan, selanjutnya diserahkan kepada Dinas PMPD Rohul untuk selanjutnya, BPKAD Rohul akan memproses pencairan DD tahap I kerekening desa penerima.

Jaharuddin mengatakan, besaran bantuan DD tahap I sebesar 20 persen yang akan diterima oleh 139 desa penerima, jumlahnya bervariasi di setiap desa, karena besaran DD yang diterima disesuaikan dengan kondisi desa.

‘’Dari koordinasi kita dengan Dinas PMPD Rohul,  dalam pekan ini seluruh desa telah menyampaikan persyaratan administrasi ke BPKAD Rohul. Karena selama tujuh hari kerja sejak DD tahap I ditransfer ke Kasda Rohul sudah clear dalam pekan ini,’’ sebutnya.

Ditambahkannya, di deadlinenya penyaluran bantuan DD tahap I tersebut, tidak lain agar pelaporan segera disampaikan ke Kemenkeu Republik Indonesia. (Yus)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler