Kanal

Pendidikan Merosot, Kalangan Akademisi Pantas Dilirik Untuk Dicalonkan di Pilkada Kuansing 2024

RIAUIN.COM- Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dulu terkenal dengan daerah penghasil tenaga pendidik seperti guru dan dosen. Guru-guru asal Kuansing banyak tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan sampai ke negeri jiran.

Dengan banyaknya sumber daya manusia yang berprofesi sebagai guru, sehingga Kuansing terkenal dengan negeri pencetak tenaga pendidikan.

Tapi kini, nama besar Kuansing dibidang pendidikan perlahan-lahan sudah mulai pudar. Sektor pendidikan ini tak lagi membanggakan seperti dulu. Bahkan prestasi pendidikan Kuansing beberapa waktu lalu pernah berada di posisi paling buncit se Riau.

Fenomena ini sangat ironis, dan berbanding terbalik dengan image yang dibangun selama ini. Perlu terobosan yang siginifikan untuk menata kembali dunia pendidikan. Salah satunya dengan membidik kalangan akademisi untuk ambil bagian dalam politik praktis di Kuansing. Paling tidak untuk calon bupati maupun wakil bupati.

Menurut Dosen Universitas Riau (UR) asal Kuansing Zul Wisman SH MH menuturkan, kebanyakan calon-calon yang dimunculkan untuk jadi bupati atau pun wakil bupati di Kuansing hanya dari kalangan politisi semata.

"Saya kira Kuansing di lain sisi juga butuh calon alternatif dari unsur akademisi atau praktisi, mengingat Kuansing adalah negeri yang  dikenal sebagai negeri pendidik," kata Zul Wisman.

Dirinya menyarankan agar partai yang ada di Kuansing harus melihat unsur tersebut, Kuansing perlu pemimpin yang revolusioner, faham secara ilmu tentang pemerintahan dan kreatif serta inovatif dalam gagasan dan upaya kedepannya dalam menjawab berbagai persoalan yang ada.

Katanya, partai politik acap kali gagal menghadirkan calon yang representatif dan memang dibutuhkan.

"Saya kira perlu ada seleksi dini oleh parpol dalam menetapkan kriteria yang selaras dengan kebutuhan Kuansing saat ini.

Parpol juga harus melihat anak jati Kuansing yang berkarir dalam segala sektor hari ini, terutama yang berkarir di luar Kuansing yang memang bisa menjadi sosok pembaharu bagi Kuansing kedepan," saran Zul Wisman.- hen

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler