Kanal

Aksi Penyanderaan di Bandara SSK II Pekanbaru Digagalkan Petugas Keamanan

RIAUIN.COM - Pihak keamanan berhasil menggagalkan aksi penyanderaan yang terjadi di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Rabu (7/2/2024). Untuk membebaskan sandera Mr X, pihak bandara dibantu 75 personil pasukan anti huru hara dari Lanud Roesmin Nurjadin.

Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Radityo Ari Purwoko selaku Ketua Komite Keamanan Bandara mengatakan Airport Security Exercise menjelaskan, aksi penyelamatan ini merupakan simulasi latihan dalam rangka upaya penanggulangan keadaan darurat keamanan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dengan Sandi Latihan “Lancang Kuning II”.

"Ini merupakan simulasi Airport Security Exercise (ASE) atau Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat Keamanan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Latihan ini wajib dilakukan oleh pengelola bandara setiap dua tahun sekali sesuai amanah undang-undang penerbangan," kata Oki.

Latihan ini dilaksanakan untuk menguji koordinasi, komunikasi dan komando antar anggota komite keamanan bandara yang terdiri dari berbagai instansi yang terkait keamanan serta untuk mengukur kesiapan sistem keamanan bandara saat menghadapi situasi darurat keamanan terutama dalam antisipasi tahun politik pada tahun ini.

Sementara , dalam simulasi ada aksi demo massa yang diperkirakan berjumlah 500 orang terjadi karena penolakan terhadap kedatangan Mr X. Pihak Bandara telah mengerahkan 75 personil pasukan huru hara dari LANUD Roesmin Nurjadin dan berhasil mengendalikan aksi demo tersebut dan massa telah membubarkan diri. 

"Alhamdulillah gangguan keamanan ini telah keberhasilan ditanggulangi berkat kerjasama semua anggota komite keamanan bandara yang sangat solid dalam penyelesaian penanggulangan gangguan keamanan bandara yang baru saja terjadi," tuturnya 

Untuk diketahui, latihan penanggulangan keadaan darurat keamanan bandara tersebut melibatkan sebanyak 350 orang personel yang melibatkan seluruh instansi terkait keamanan bandara.

Penyanderaan terjadi terhadap  Mr X beserta ajudannya yang datang pada hari Rabu, 6 Februari 2024 menggunakan pesawat QQ999 yang terbang dari Bandara Soekarno Hatta dan mendarat di Bandara SSK II pada jam 08.00 WIB.(dnr/*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler