Kanal

Antisipasi banjir, Babinsa Koramil 0321-05/RM, Lurah dan Warga Bangko Kanan Goro bersihkan Kanal dan Paret

RIAUIN.COM- -Guna mengantisipasi  Banjir akibat curah hujan yang tinggi dan Air pasang dari sungai Rokan, Kembali Babinsa Bangko Kanan Koramil 0321-O5/RM Serda Candra pebrianto Bersama Lurah Bangko Kanan Nurhayati beserta Masyarakat Bangko melaksanakan gotong royong membersihkan kanal dan parit di Rt 13 Kelurahan Bangko Kanan Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rohil, Rabu (7/2/2024).

Komandan Koramil 05/RM Kapten  Arh Iswandi Sikumbang melalui Babinsa Bangko Kanan Serda Chandra Pebrianto mengatakan kegiatan ini sebagai upaya dalam rangka pencegahan timbulnya banjir di musim penghujan yang diakibatkan tersumbatnya saluran  Kanal maupun Paret (drainase) dari  tumbuhan liar maupun tumpukan sampah. Ini juga sebagai langkah antisipasi berkembangnya jentik nyamuk demam berdarah (DBD) maupun malaria.


Selain itu gotong royong atau kerja bhakti memiliki banyak manfaat diantaranya menumbuhkan rasa solidaritas dan menumbuhkan sikap kebersamaan serta meringankan beban pekerjaan serta memberikan sumbangsihnya berupa Karya nyata kepada masyarakat.

“Intinya kita Kerja Bhakti sekaligus silahturahmi antara warga dengan Babinsa  sebagai wujud kemanunggalan antara TNI dengan rakyat yang selama ini telah berjalan dengan baik,” tukas Babinsa.

Sementara itu Lurah Bangko Kanan Nurhayati mengatakan bahwa kegiatan goro pembersihan Kanal dan parit diwilayah Bangko Kanan dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya banjir diwilayahnya.

"Ini sebagai bentuk antisipasi bersama warga terjadinya banjir dengan membersihkan kanal kanal dikanan-kiri jalan dan parit," kata Nurhayati

Dikatakan lurah Hal ini merupakan tanggung jawab bersama dengan melakukan hal yang positif, terutama dalam hal kebersihan lingkungan.

"Kami mengimbau serta mengajak masyarakat Bangko Kanan Kecamatan Bangkopusako untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang dapat mengganggu kelancaran aliran air di dalam parit. Selain itu, dengan kegiatan ini juga akan mencegah terjadinya banjir, karena dengan tidak adanya sampah yang menumpuk di aliran, Kanal kanal dan parit lancar," pungkas Lurah. -jon

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler