Kanal

Bupati dan Wakil Bupati Rohil Baku Hantam di Pelantikan Penghulu dan Datin

RIAUIN.COM - Beredar rekaman video yang memperlihatkan Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong nyaris baku hantam dengan Wakil Bupati (Wabup) Sulaiman. Rekaman ini pun viral berseliweran di media sosial dan grup-grup WhatsApp.

Dari informasi yang berhasil dirangkum, keributan antara orang nomor satu dan nomor dua di Rohil ini terjadi ketika pelantikannya Pjs Penghulu, Pjs Datin dan Datuk Penghulu di Jalan Lintas Pesisir, Jembatan Pedamaran ll, Kecamatan Pekaitan, Rohil, Kamis (1/2/2024).

Dilihat dalam rekaman, kedua pejabat ini nyaris baku hantam ketika cara tari persembahan. Ketika itu keduanya duduk berdampingan. Keduanya terlibat pembicaraan serius hingga akhirnya sang Bupati berdiri mendorong Wakilnya itu. Saat itulah terjadi aksi saling dorong yang akhirnya mereka dipisahkan oleh seorang berseragam  coklat.

Dalam video yang lain, terlihat Wakil Bupati Sulaiman merasa tidak senang dan mendorong seorang pria bertopi yang mencoba menenangkannya. Hingga akhirnya Wabup Sulaiman digiring meninggalkan lokasi pelantikan.

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong yang berhasil dihubungi menyampaikan keterangan tertulisnya terkait peristiwa itu. Dia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat yang hadir atas peristiwa ini. 

"Atas adanya sedikit gangguan, kami atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas ketidak nyamanan nya," kata Bupati. 

Dia menjelaskan, awalnya acara pelantikan puluhan Pjs Datin dan Datuk Penghulu tersebut hanya dihadiri Bupati Rohil Afrizal Sintong. Namun, sesaat acara di buka, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman kemudian datang dan duduk tepat di sebelah Bupati. 

Afrizal Sintong menyebutkan keributan yang terjadi mungkin disebabkan dirinya tidak melaporkan acara pelantikan Pjs Penghulu tersebut kepada Wakil Bupati. 

"Mungkin karena kami tidak melaporkan acara ini kepada Wakil Bupati sehingga mungkin ada yang tidak sesuai dengan perasaan Wakil," terangnya. 

Padahal, seluruh datuk dan datin Penghulu yang dilantik merupakan usulan dari para tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat melalui Camat di wilayahnya masing-masing tanpa adanya penunjukan dari Bupati.

Sementara itu, beredar rekaman Wakil Bupati H Sulaiman memberikan klarifikasi kepada awak media sambil duduk lesehan di suatu tempat.

"Yang mendorong pertama kali adalah Bupati. Saya menunjuk-nunjuk ibu Bupati karena saya bilang jangan ikut campur. Tengok saja videonya, biar masyarakat melihat video sebenarnya, jangan suka membalikkan fakta," kata Sulaiman.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler