Kanal

Kuantan Singingi Banjir Lagi, 5 Kali Sejak Dua Bulan Terakhir

RIAUIN.COM- Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak dua bulan terakhir telah menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Kuantan Singingi. Daerah dataran rendah seperti di Kecamatan Inuman, Cerenti dan Baserah telah mengalami banjir sebanyak lima kali.

Di Desa Lumbok Kecamatan Kuantan Hilir Seberang misalnya, Ahad pagi (27/1/2024) banjir telah menggenangi hampir seluruh rumah penduduk. Wilayah ini memang menjadi langganan banjir sebab merupakan dataran rendah.

Banjir yang terjadi pada hari ini karena curah hujan yang terjadi sejak Jumat kemarin. Hujan semalaman menyebabkan debit Sungai Kuantan naik drastis .

Menurut petugas pencatat ketinggian air di Hulu Kuantan, Erianto mengatakan, penambahan debit air saat ini terpantau setinggi 650 cm. Ketinggian itu bisa saja akan bertambah bilamana intensitas hujan meningkat di daerah bagian Sumatera Barat.

Hingga berita ini ditayangkan, otoritas setempat belum menerangkan secara rinci jumlah rumah yang terendam banjir tahap kelima. Namum berkaca dari banjir sebelumnya setidaknya lebih dari 15 ribu KK di Kuantan Singingi terdampak banjir. Dan pemerintah setempat telah menyerahkan bantuan terhadap warga yang terdampak.- hen

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler