Kanal

Polisi Evakuasi Lansia 93 Tahun Terkepung Banjir di Rohul

RIAUIN.COM - Sebanyak 320 rumah yang berada di 3 desa di Kabupaten Rokan Hulu, Riau terendam air. Tiga Desa yang terendam banjir yakni Desa Babussalam, Kelurahan Pasir Pengaraian serta Desa Pematang Barangan.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sejumlah warga yang terdampak banjir langsung dievakuasi oleh pihak kepolisian menuju tempat yang lebih aman.

Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono dalam rilis resminya mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi seluruh warga termasuk dua warga lanjut usia (lansia) dari Desa Babussalam.

"Kedua lansia yang dievakuasi yakni Sahar (93 tahun) dan Yuslaini (63 tahun). Keduanya merupakan warga dari Desa Babussalam," kata Budi, Rabu (27/12/2023).

Dijelaskan, banjir tersebut akibat luapan air Sungai Batang Lubuh Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Di Desa Babussalam, ketinggian air mencapai 80 centimeter dan merendam 140 rumah dan dua fasilitas umum.

Kemudian, di Kelurahan Pasir Pengaraian ketinggian air mencapai 70 centimeter dan merendam 110 rumah. Sedangkan di Desa Pematang Berangan ketinggian air mencapai 90 centimeter dengan dampak 70 rumah atau kepala keluarga terendam air. 

"Yang utama, korban banjir harus kita selamatkan. Tadi ada dua orang warga yang kami evakuasi menggunakan perahu karet ke TK Babussalam yang aman dari banjir," jelasnya.

Budi menegaskan tidak ada korban jiwa dalam bencana alam itu. Namun, Budi meminta warga untuk selalu waspada. Pihaknya juga standby di lokasi untuk menjaga warga.

"Kami meminta warga khususnya anak-anak untuk meninggalkan lokasi dan berhati-hati apabila air sungai kembali naik," pungkasnya.

Seusai melakukan evakuasi, polisi juga melakukan sosialisasi Pemilu 2024 agar berjalan damai dan membagikan nasi bungkus kepada warga yang terdampak banjir.-dnr

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler