Kanal

Kelelahan dan Stres Wartawan

WARTAWAN barangkali merupakan salah satu profesi yang paling memiliki risiko tinggi untuk stres dan kelelahan. Wartawan selalu berada dalam tekanan di setiap episode atau tahapan pekerjaan. Mulai dari merencanakan liputan, memproses menjadi berita sampai melaporkan. Bahkan pasca melaporkan pun masih berada dalam tekanan. Seolah tidak memiliki masa rehat yang cukup.

Semua pihak, dari para pembaca, pemirsa,  pemimpin redaksi selalu menuntut bahwa berita harus sempurna ketika sampai di publik. Mereka ini tidak peduli, pada tingkat kemampuan fisik dan mental seperti apa para wartawan itu bekerja.

Kelelahannya pun sangat beragam. Bukan hanya fisik, mental, vital, bahkan kelelahan intelektual.

Kelelahan dapat ditelusuri pada perubahan ekspresi. Seseorang yang tidak berada pada kondisi tubuh optimal, terlihat pada ekspresi wajah. Lebih terlihat pada mereka yang tidak berpenampilan ceria.

Kelelahan tersebut akan semakin memburuk tatkala ditambah lagi dengan aktivitas yang sebenarnya tidak diinginkan. Dan juga oleh tekanan waktu.

Kelelahan Otot 

Otot adalah jaringan paling melimpah di tubuh dan menyumbang sekitar dua perlima berat badan.  Komponen khusus adalah serat otot, sel ramping panjang atau aglomerasi sel yang menjadi lebih pendek dan tebal. Serat-serat ini didukung dan diikat oleh jaringan ikat biasa dan disuplai dengan baik oleh pembuluh darah.  Ketika otot digunakan, katakanlah, untuk operasi penanganan manual, otot tersebut mengalami berbagai tingkat tekanan.  

Membawa beban umumnya menimbulkan ketegangan statis yang nyata pada banyak kelompok otot, terutama pada lengan dan badan.  Ini adalah bentuk pekerjaan yang sebenarnya sangat tidak cocok bagi manusia karena pembuluh darah pada otot yang berkontraksi tertekan dan aliran darah terganggu. Di samping suplai oksigen dan gula tertekan.   Akibatnya, kelelahan akan segera terjadi, dan nyeri pada otot punggung. Bagian yang hanya melakukan pekerjaan statis, terjadi lebih cepat dibandingkan pada otot lengan, yang pada dasarnya melakukan pekerjaan dinamis. Pembengkakan otot berhubungan dengan peningkatan aliran darah yang menyebabkan peningkatan volume cairan jaringan.

Kelelahan otot ditandai dengan rasa nyeri. Bahkan nyeri pada otot yang terlibat serta meningkatnya ketidakmampuan dan kelemahan gerakan otot.  Meskipun semua faktor yang terlibat belum sepenuhnya dipahami, akumulasi asam laktat dan pembengkakan otot memainkan peranan penting.  Asam laktat dapat, dan memang, pada akhirnya mencegah kontraksi otot sepenuhnya, dan dalam konsentrasi yang lebih rendah akan merusaknya.  Dalam pekerjaan fisik yang berlangsung lama selalu terjadi penumpukan asam laktat.

Dalam pengalaman penulis bekerja di ruang redaksi, ketika kelelahan berkembang, pelaksanaan suatu tugas menjadi tidak teratur.  Aspek subjektif dari kelelahan meliputi keluhan nyeri dan nyeri. Biasanya agak samar dan umum, rasa tidak enak badan dan sensasi yang digambarkan sebagai kelelahan.  Sensasi subjektif ini bervariasi dan tidak konsisten serta tidak selalu berhubungan dengan aspek kelelahan lainnya.  

Terkait dengan sensasi tersebut terjadi peningkatan aktivitas otot, peningkatan ketegangan yang dilakukan oleh otot-otot yang seharusnya diberi waktu cukup istirahat atau relaksasi.  

Hal ini menyebabkan peningkatan kelelahan lainnya, yaitu meningkatnya penggunaan otot ekstra seiring dengan berlanjutnya kinerja suatu tugas.  Saat otot utama bekerja ekstra, semakin banyak otot sekunder yang digunakan dalam upaya meringankan beban. Dari sinilah fatigue berkembang. Dan, diperlukan upaya yang lebih besar untuk mempertahankan kinerja.

Untuk mengatasi kelelahan otot, jeda singkat perlu sering dilakukan, dibandingkan jeda panjang yang kadang-kadang, dari aktivitas kerja akan lebih efektif. Sayangnya, jeda singkat di kalangan wartawan, lebih banyak digunakan mengisap rokok.

Kelelahan Mental

Meningkatnya kelelahan mental ditunjukkan dengan meningkatnya waktu reaksi, khususnya ketika orang diminta mengambil keputusan.  Hal ini terjadi, khususnya, pada pengguna peralatan layar di mana, ketika kelelahan mental meningkat, layar menjadi lebih tidak menentu dan tombol yang salah dapat digunakan. 

Para editor dan wartawan sering tiba-tiba tidur di meja kerja dengan layar komputer yang masih menyala.

Demikian juga di dalam kokpit pesawat terbang, ketika kelelahan mental meningkat, konsentrasi pilot mungkin terbatas pada tampilan yang lebih penting atau terlalu banyak perhatian diberikan pada elemen periferal dengan mengorbankan elemen sentral.  Dampaknya tindakan yang benar mungkin dilakukan pada waktu yang salah dan beberapa tindakan mungkin dihilangkan.

Kelelahan mental sering dikaitkan, dan mungkin identik, dengan sifat bosan dan berkepala dingin dalam pekerjaan.  Tugas yang berulang-ulang dapat mengakibatkan berkurangnya bagian individu, lamunan, penurunan kinerja dan potensi kesalahan.

Seperti halnya kelelahan otot, jeda istirahat singkat harus dilakukan agar dapat kembali ke tingkat normal.  Jika kinerja terus berlanjut tanpa jeda, tanda-tanda penurunan yang lebih jelas akan terjadi.

Para pekerja di ruang redaksi bukan hanya bereaksi lamban terhadap pekerjaan, tetapi menghasilkan pekerjaan yang buruk. Sementara, mereka harus bertanggungjawab terhadap publik yang memintanya tampil sempurna. Tanpa cacat. Dan pekerjaan itu dikerjakan dalam tekanan waktu yang tinggi. 

Gabungan antara kelelahan otot dan mental tentu berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh fisik. Apalagi kelelahan bertumpuk dalam waktu yang panjang, dan masih pula ditambah masalah pola makan yang buruk.

Penanganan Manual

Lebih dari sepertiga cedera industri disebabkan oleh pekerjaan manusia. Statistik dari 60 tahun terakhir menunjukkan bahwa hampir setiap tahun orang yang terluka karena hal ini mengalami peningkatan.(Jeremy Strank; Human Factors and Behavioural Safety, 256)  

Keterlambatan dalam penanganan mengakibatkan kejang atau ketegangan yang seringkali menyerang bagian punggung. 

Mereka yang berisiko, misalnya, wartawan, pekerja kantoran, staf perpustakaan, para kasir, pilot yang dalam keseharian melakukan pekerjaan yang sama dan  berulang-ulang. Wartawan mungkin menghabiskan waktu sekitar 8-12 jam sehari. Atau editor 6-7 jam sehari. Atau para pilot yang memiliki rute perjalanan jauh seperti dari Bandara Changi Singapura ke Bandara John F Kennedy di New York yang jauhnya 9.500 mil lebih dan memakan waktu sekitar 19 jam, tentu membutuhkan fisik prima. Disukai atau tidak, kelelahan otot dan mental hampir pasti terjadi.

Dulu, penulis mengelola ketegangan itu dengan pranayama dan yoga. Tetapi tidak semua orang suka melakukannya. Mana sempat? Katanya.

Oleh karena itu, penting bagi semua orang yang menangani  masalah tersebut dengan mengetahui prinsip dasar penanganan manual yang aman.  Prinsip-prinsip berikut ini  perlu dipertimbangkan dalam kegiatan penanganan dan dalam pelatihan orang dalam teknik penanganan manual.

Prinsip pertama adalah posisi duduk yang harus nyaman. Sesuaikan tinggi tubuh saat duduk dengan ketinggian kursi. Ketinggian meja dibuat nyaman di siku lengan, dan pangkal lengan. Prinsipnya, membagi beban lengan ke seluruh bagian. Jika meja terlalu tinggi atau rendah, maka beban otot di pangkal lengan jadi lebih berat.

Lengan dekat dengan tubuh.  Hal ini mengurangi kelelahan otot di lengan dan bahu serta upaya yang dibutuhkan oleh lengan.  Ini memastikan bahwa beban, pada dasarnya, menjadi bagian dari tubuh dan bergerak bersama tubuh.

Punggung rata. Ini tidak berarti vertikal, tetapi pada sudut kira-kira 15". Hal ini mencegah tekanan pada perut dan memastikan tekanan merata pada tulang belakang. 

Kerusakan pada tulang belakang bagian atas sama mudahnya dengan kerusakan pada tulang. Untuk menjaga tulang belakang tetap lurus di bagian atas, panjangkan leher dan tarik dagu. Jangan menempelkan dagu ke dada karena akan menekuk leher. Dengan posisi ini, posisi akan lebih nyaman.

Pengelolaan Stres 

Stres didefinisikan sebagai respons umum terhadap serangan. Tekanan dan jenis tuntutan lain yang dibebankan kepada mereka.  Hal ini muncul ketika orang khawatir dan mereka tidak dapat mengatasinya.  Stressor dapat terjadi dalam beberapa bentuk – stressor lingkungan, psikologis.

Stres mempunyai hubungan langsung dengan sistem otonom, suatu sistem tubuh yang mengontrol respons fisiologis dan psikologis seseorang. Penting untuk membedakan antara stres positif dan negatif.

Stres dapat dikaitkan dengan ambiguitas peran dan konflik peran.  Stres selanjutnya dapat dikaitkan dengan faktor lain, misalnya merasa ketinggalan jaman, peralatan kerja, pengembangan karier yang tidak memadai, dan kemunduran pribadi, hubungan dalam suatu organisasi Penindasan dan pelecehan adalah dua penyebab utama stres di tempat kerja.

Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa berbagai tipe dan sifat kepribadian mungkin berhubungan dengan stres. Kecemasan dan depresi adalah dua manifestasi klasik dari stres.

Oleh sebab kelelahan dan stres, para wartawan perlu lebih hati-hati dalam menjaga tubuh fisiknya. Begitu melakukan kontrak kerja wartawan, maka dari awal itulah sebenarnya cicilan sakit dimulai. **

Penulis adalah wartawan senior dan berdomisili di Jakarta.

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler