Kanal

Masalah THR, Ini Daftar 22 Perusahaan yang Dilaporkan ke Disnakertrans Riau

RIAUIN.COM - Total 22 perusahaan di tujuh daerah di Provinsi Riau dilaporkan oleh karyawannya ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau karena belum menuntaskan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2023.

Seluruh perusahaan tersebut tersebar di beberapa wilayah di Riau yakni, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), dan Kabupaten Siak.

Kabid Pengawasan Disnakertrans Riau, Rival Lino menegaskan, apabila perusahaan-perusahaan tersebut tidak juga membayarkan THR kepada karyawan pada waktu yang telah ditentukan, maka Pengawas Ketenagakerjaan akan mengeluarkan sanksi rekomendasi.

"Sanksi administratif berdasarkan ketentuan dari Kementerian Ketenagakerjaan bisa berupa peringatan atau teguran, hingga yang paling serius adalah sanksi pencabutan izin," kata Rival, Rabu (31/5/2023).

Untuk itu, Disnakertrans Riau menargetkan permasalahan THR antara perusahaan dengan karyawan dapat diselesaikan dalam waktu dekat.

"Hingga saat ini dalam sistem kami, ada 4 perusahaan yang belum tuntas membayarkan THR. Tentu ini akan menjadi konsentrasi kita dalam proses pemeriksaan dan kita pastikan minggu pertama di Bulan Juni akan segera dituntaskan oleh Pengawas Ketenagakerjaan," tegas Rival.

Kepada Riauin.com, Rival membeberkan daftar perusahaan-perusahaan yang dilaporkan itu terkait masalah THR yang belum diberikan ini.

Dari 22 daftar itu, semuanya sudah dilakukan pembinaan dan sebagian besar juga sudah mulai membayar. Dan beberapa perusahaan masih dalam proses pemeriksaan.

"Maka tugas Pengawas Ketenagakerjaan melakukan tindak lanjut sampai dengan memberikan rekomendasi kepada Gubernur untuk memberikan sanksi administratif kepada perusahaan-perusahaan tersebut yang tidak membayarkan hak tenaga kerja," tegas Rival.

Dia berharap, kedepannya perusahaan ataupun pengusaha-pengusaha di Riau dapat menjalankan dan mengikuti aturan undang-undangan ketenagakerjaan serta membayarkan hak pekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Berikut daftar perusahaan di Riau yang dilaporkan belum mencairkan THR:

1. CV Sinar Bintan Sentosa 16, Kota Pekanbaru
2. CV Jasa Karya Pratama, Kabupaten Inhil
3. Pancasona Abadi, Kabupaten Siak
4. PT Andika Permata Sawit Lestari, Kabupaten Rohul
5. Prakarsa Langgeng Maju Bersama, Kabupaten Pelalawan
6. PT Bengkalis Kuda Laut, Kota Pekanbaru
7. PT Bumi Berkah Boga, Kota Pekanbaru
8. PT Gas Cash Service, Kota Pekanbaru
9. PT Garuda Mitra Mandiri, Kota Dumai
10. PT Iska Sentosa, Kabupaten Pelalawan
11. PT Prima Karya Sarana Sejahtera, Cabang Kota Pekanbaru
12. PT Surya Bratasena Plantation, Kabupaten Pelalawan
13. PT Surya Maju Perkasa, Kota Pekanbaru
14. PT Zulkarnain Jaya Abadi, Kota Dumai
15. PT Andalan Permata Buana, Kota Pekanbaru
16. PT Global Mitra, Kota Pekanbaru
17. PT Haleyora Powerindo, Kota Pekanbaru
18. PT Indomarco Prismatama, Kabupaten Kampar
19. PT Mitra Wahyu Perkasa, Kota Pekanbaru
20. PT TML Energi, Kota Pekanbaru
21. PT Tri Bhakti Prima Jaya Perkasa, Kota Pekanbaru
22. Rice Bowl Mini, Kota Pekanbaru

-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler