Kanal

Mencekam! JPO di Tobek Godang Panam Bolong dan Keropos

RIAUIN.COM - Sungguh memprihatinkan dan mengerikan kondisi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan HR Soebrantas (Panam), tepatnya di Simpang Tobek Godang, Kelurahan Tampan, Kecamatan Bina Widya, Kota Pekanbaru.

Dari pantauan media ini di lokasi, Selasa (30/5/2023), kondisi jembatan tidak layak untuk digunakan karena dapat membahayakan pengguna.

Tiang-tiang JPO yang sudah keropos, lantai yang lunak dan berbunyi ketika di lalui, bahkan ada lantai yang bolong. Hal ini justru sangat berbahaya bagi warga yang hendak menyeberang, mengingat di bawah jembatan, mobil dan kendaraan bermotor ramai melintas.

Khusus lantai yang bolong, posisinya berada di tengah kanan jembatan dengan diameter cukup lebar kurang lebih 30 centimeter berbentuk segi tiga.

Lantai ini cukup menganga lebar, apa bila pengguna tidak hati-hati maka akan berakibat fatal.

Pertanyaannya, JPO ini pemeliharaannya kewenangan siapa? Apakah kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau atau Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution ketika dikonfirmasi tidak mengetahui soal kewenangan itu. Dia pun ikut prihatin dengan kondisi JPO tersebut.

"Sebentar saya cek. Mesti dipelihara ya," kata dia melalui pesan singkat, Selasa siang.

Menurut keterangan warga sekitar, JPO ini sudah lama rusak dan terbengkalai. Dalam kondisi seperti ini warga enggan untuk melintas.

"Sudah lama kondisinya seperti ini. Kita kalau lewat lantainya bunyi-bunyi," kata warga yang enggan menyebutkan nama.

Warga juga pernah mengunggah kondisi JPO ini di laman Media Sosial (Medsos) Facebook di akun Handayani Ade Yayan.

"Penyeberangan Tabek Gadang. Bolong nya lumayan kaki langsung gemetaran lihat lantai atasnya. Bolong takut jatuh kalau tak hati-hati bergetar dada ku. Alhamdulillah, udah tenang pas turun," tulisnya.

Warga berharap, agar pemerintah segera memperbaiki JPO tersebut sebelum menimbulkan masalah dan memakan korban.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler