Kanal

Satu Unit Mobil Tertimbun Longsor di Jembatan Kelok 9

RIAUIN.COM- Hujan deras yang turun sejak siang menjelang sore di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Minggu (30/4/2023) menyebabkan tebing disekitar jalan tersebut longsor. Akibat longsor terjadi  sekitar pukul 17.00 WIB, sore tadi satu unit mobil Honda Brio terimbun tanah longsor sehingga menutup akses jalan Sumbar-Riau.

Diektahui penumpang mobil Honda Brio warna hitam metalik yang terimbun dalam indisen itu adalah sepasang suami istri. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.    

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota, Rahmadinol mengatakan, pihaknya segera turun mengevakuasi kedua korban.

"Alhamdulillah kedua korban cepat kita evakuasi dan berhasil  dikeluarkan dari dalam mobilnya," kata Rahmadinol.

Akibat longsor, jalan Sumbar-Riau macet total. Kemacetan diperkirakan mencapai 5 kilometer dari arah Payakumbuh dan sebaliknya, kemacetan pancang juga  terjadi dari arah Riau. Material longsor menutupi badan jalan hampir sepanjang 30 meter dengan ketinggian satu meter lebih.

"Longsor tadi sekitar pukul 17.00 WIB sebelum jembatan Kelok 9 dari arah Payakumbuh. Karena bertepatan dengan puncak arus balik bertepatan akhir pekan dan berakhirnya libur Lebaran, membuat macet total baik arus Sumbar maupun dari arah Riau," jelas Rahmadinol.

Dikatakannya, petugas gabungan dari BPBD, kepolisian, dan TNI berupaya membersihkan material longsor yang menutup badan jalan. Masyarakat diimbau untuk bersabar dan berhati-hati saat melintasi jalur tersebut, dan mengikuti informasi terkini dari pihak berwenang.

"Longsornya cukup panjang sekitar 30 meter dengan ketinggian satu meter. Sekarang kita sedang upayakan membuka jalan," tutur Rahmadinol.

Menurut Rahmadinol, pihaknya masih menunggu datang alat berat dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler