Kanal

Antisipasi Karhutla, Polresta Pekanbaru Gelar Rapat Tiga Pilar

RIAUIN.COM - Antisipasi bencana yang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Pekanbaru seiring dengan musim panas yang melanda Benua Asia,  Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri RP Siagian memimpin rapat Koordinasi penanganan bencana, Rabu, (25/4/2023).

Rapat yang digelar di ruang Kiambang Polresta Pekanbaru itu membahas upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana Karhutla, yang diikuti oleh oleh Kapolsek se-Kota Pekanbaru, turut hadir Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nst dan sejumlah pejabat instansi terkait lainnya.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri dalam sambutannya menyebutkan, perlunya koordinasi lintas Instansi di Pekanbaru untuk siap dan sedia menghadapi bencana yang akan terjadi di Pekanbaru.

"Maka rapat koordinasi ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kekuatan dan kesiapan logistik dalam menghadapi bencana, baik itu bencana Karhutla. Kemudian Logistik itu juga penting. Logistik itu tidak hanya berkaitan dengan peralatan namun juga berkaitan dengan sumber daya manusia. Melalui rapat ini kita juga perlu memetakan daerah rawan, langkah cepa atau tindakan yang perlu dilakukan agar bencana dapat diminimalisir," ucap Kombes Jefri.

Ditegaskannya, seluruh jajaran personel Polresta Pekanbaru diminta untuk peka dan gerak cepat terhadap segala informasi yang berkaitan dengan kebencanaan, jangan sampai bencana atau musibah telah terjadi kita menjadi kalang kabut.

Lanjut dia, saat ini adanya musim panas yang melanda Asia dan juga Indonesia perlu dilakukan penguatan patroli lahan-lahan kering atau kosong di Pekanbaru.

"Bhabinkamtibmas di setiap kecamatan untuk dapat meningkatkan patroli di lokasi lokasi lahan yang diduga dapat mudah terbakar, kemudian berkoordinasi dengan pihak kelurahan, dan yang tak kalah penting adalah pusat pusat layanan kesehatan juga dikoordinasikan," pungkasnya.(*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler