Kanal

Investigasi Insiden Kapal Evelyn Calisca 01, Polisi Amankan Nakhoda dan ABK

RAIUIN.COM - Lima orang anak buah kapal (ABK) dan satu nakhoda SB Evelyn Calisca 01 diamankan polisi. Hal ini buntut terbaliknya Kapal Evelyn Calisca 01 di perbatasan Kecamatan Kateman dan Pulau Burung, yang menewaskan 11 penumpang pada Kamis, (27/4/2023)

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengungkapkan, enam orang yang diamankan tersebut terdiri dari SH yang merupakan nahkoda, 4 ABK masing-masing BP, H, A dan SP serta penanggungjawab pelayaran berinisial A.

Iqbal meyakinkan pihaknya akan melakukan penyidikan apabila terdapat unsur perbuatan melanggar hukum atau unsur kelalaian yang disengaja.

"Akan kami proses. Beberapa awak kapal dan nahkoda sudah kita amankan. Saat ini kami akan melakukan pemeriksaan lebih dalam untuk melakukan proses yang lebih lanjut," terang Iqbal melalui pernyataannya, Jumat.

Paska terbaliknya speedboat Evelyn Calisca 01 yang menewaskan 11 orang, Iqbal beserta rombongan mengunjungi RSUD Raja Musa Sungai Guntung untuk melihat keadaan sejumlah korban selamat.

Selain itu, Iqbal juga sempat meninjau Pelabuhan Syahbandar yang menjadi posko pencarian korban.

"Kami berbelasungkawa kepada korban, terutama yang meninggal dunia. Semoga korban khusnul khatimah dan korban yang masih dirawat dapat segera sehat," harap Iqbal.

Dikatakan Iqbal, kedatangannya dan rombongan guna meyakinkan kinerja stakeholder berjalan maksimal, baik upaya evakuasi korban dan perawatan untuk korban yang selamat.

"Ini menjadi pelajaran bahwa keselamatan yang utama," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui speedboat (kapal cepat) Evelyn Calisca 01 mengalami kecelakaan sekitar pukul 13.40 di perairan air tawar perbatasan antara Kecamatan Kateman dan Pulau Burung.

Speedboat tersebut bertolak dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, menuju Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Speedboat yang dinakhodai oleh Acok itu menabrak kayu sehingga mengakibatkan speedboat terbalik. Peristiwa itu terjadi 15 menit usai bertolak dari Pelabuhan Sei Guntung Kecamatan Kateman.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler