Kanal

Cegah Karhutla, Babinsa 0321-05/ RM dan Bhabinkamtibmas Pasang Spanduk Bahaya Karhutla di Pematang Damar

RIAUIN.COM- Dalam rangka mengantisipasi Karhutla diwilayah binaan anggota Babinsa Koramil 0321-05/ RM 
Praka Kusheryanto, bersama Bhabinkamtibmas Bangko Pusako Briptu Sigit beserta penghulu Pematang Damar Naslim Siregar melaksanakan Patroli Karhutla dan pemasangan baliho imbauan tentang bahaya Karhutla di Kepenghuluan Pematang Damar Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan hilir, Sabtu (25/2/2023)

Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Muhammad Erfani SH M.Tr ( Han ) melalui Danramil 05/RM Kapten Arh Iswandi Sikumbang mengatakan, Kodim telah mengeluarkan imbauan tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di wilayah Rohil.

Sementara itu, Danramil mengatakan, upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla, pihaknya  sudah menginstruksikan kepada jajaran  untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kita sudah sampaikan ke jajaran, dan selanjutnya diteruskan ke Babinsa di wilayah Desa binaannya masing masing,” ujar Kapten Arh Iswandi.

Sementara itu Babinsa Praka Kusheryanto mengatakan melalui spanduk yang disebar, pihaknya mengajak masyarakat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan serta mewujudkan rasa aman dan nyaman di wilayah kepenghuluan Pematang Damar

“Kita berharap agar kedepan tidak terjadi karhutla di wilayah Pematang Damar,  khususnya di wilayah Kecamatan Bangkopusako. Kepada masyarakat maupun badan usaha, perusahaan yang sedang melakukan pembersihan lahan, jangan membakar. lakukanlah sesuai dengan ketentuan yang ada," tukas Kusheryanto

Hal yang sama juga disampaikan Bhabinkamtibmas Bangko Pusako, Briptu Sigit yang mengatakan Kapolres Rokanhilir AKBP Andrian Pramudianto, SH Sik telah mengeluarkan imbauan tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di wilayah hukum Polres Rokanhilir.

Menurut dia, upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla, pihaknya sudah menginstruksikan kepada jajaran Polsek untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kita berharap agar ke depan tidak terjadi karhutla di wilayah Polres Rokanhilir, khususnya diwilayah kecamatan Bangko pusako," pungkas Briptu Sigit

Kepala Desa Pematang Damar, Naslim Siregar  mengatakan, melalui spanduk yang disebar, pihaknya mengajak masyarakat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan serta mewujudkan rasa aman dan nyaman di wilayah Pematang Damar.

Kepada masyarakat maupun badan usaha, perusahaan yang sedang melakukan pembersihan lahan, diminta untuk tidak memakai api.

"Namun lakukanlah sesuai dengan ketentuan yang ada. Alhamdulilah dari monitoring dilapangan hari ini tidak ditemukan titik asap dan titik api,” pungkas Penghulu. -jon

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler