Kanal

Jelang Ramadan, Wakil Menteri Perdaganga Sidak Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Raya Padang

RIAUIN.COM - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melakukan inspeksi mendadak harga kebutuhan pokok di Pasar Raya Kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (25/2) jelang masuknya bulan Ramadhan 2023.

“Kita ingin melihat dan memastikan bagaimana transaksi langsung harga kebutuhan bahan pokok dan memastikan ketersediaan di Pasar Raya Padang,” kata dia di Pasar Raya Padang, Sabtu dikutip dari antara.

Ia mengatakan dari sidak tersebut terungkap kalau harga sejumlah komoditi bahan pokok relatif stabil, seperti harga bawang merah, bawang putih.

Kemudian untuk minyak curah dan minyak kemasan merek Minyakita, memang terdapat sedikit fluktuasi harga.

“Tadi saya tanya ke pedagang bagaimana harganya dari distributor, katanya memang sedikit lebih mahal. Nanti saya coba berkoordinasi dengan pak Kadis Provinsi dan Kadis Kota harga yang diperoleh tidak boleh mahal,” kata dia

Dia menekankan, Harga Eceran Tertinggi (HET) per liter Rp14 ribu per liter atau Rp15.500 per kilogram, tapi tadi saya lihat harga minyak curah sesuai bahkan ada yang jual Rp14.500 per kilogram yang harusnya Rp15.500 per kilogram.

“Ini yang dijual di pasar tentunya lebih murah,” kata dia

Ia juga mencatat harga minyak kemasan Minyakita yang dijual sedikit lebih mahal, yakni Rp15 ribu per liter, lebih mahal dari Harga Eceran Tertinggi (HET) di angka Rp14 ribu per liter

“Nanti kita akan memastikan untuk di distributornya harus dipastikan harganya tidak mahal supaya sampai ke pedagang dengan harga normal,” kata dia

Dari koordinasi yang dilakukan dengan Kadis Perdagangan Kota Padang, Wamendag menyakinkan kalau stok pangan di Kota Padang aman.

“Perlu kita garisbawahi, kalau kita akan menyambut bulan suci Ramadan Kita tahu bahwa kebutuhan akan meningkat dan tapi Alhamdulilah stok aman, ketersediaan baik, dan saya pikir ini perlu dipertahankan,” kata dia.

Wakil Menteri Jeryy Sambuaga didampingi Kadis Perdagangan Provinsi Sumbar, Kadis Perdagangan Kota Padang dan lainnnya. (*)
 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler