Kanal

29 Mahasiswa Terbaik Asal Meranti Wisuda di UGM, 11 Lulus Cumlaude

Meranti, Riauin.com - Bupati Drs Irwan MSi melakukan serah terima 29 orang wisudawan dan wisudawati asal Kabupaten Kepulauan Meranti yang kuliah di Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM) Program Studi Ekonomika Terapan Kosentrasi Keuangan Daerah.

Wisuda tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Haper, Yogyakarta Kamis (24/8/2017). Turut hadir Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan, Kadis Disbuk Rosdaner, Dekan SV UGM Wikan Sakarinto, Ketua Departemen Ekonomika dan Bisnis Ike Yuli Andjani.

Serah terima 29 wisudawan dan wisudwati ini setelah dinyatakan lulus dan diwisuda pada Departemen Ekonomi dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Program Study Ekonomika Terapan Konsentrasi Keuangan Daerah selama kurang lebih 3 tahun. Mereka kuliah dibiayai sepenuhnya oleh Pemkab Kepulauan Meranti melalui Disdikbud.

Prestasi ini pun mendapat apresiasi langsung dari Bupati Irwan yang menghadiri langsung serah terima putra-putri terbaik harapan Meranti tersebut. Apalagi, Sebanyak 11 mahasiwa yang mendapat predikat cumlaude itu meraih IPK rata-rata 3,35.

"Selamat kepada anak-anak kita yang telah menjadi sarjana dan bisa selesai dengan baik. Saya sangat merasa bangga, karena saya ingat tiga tahun yang lalu kita mengantarkan anak-anak kita dengan kondisi yang biasa biasa saja. Namun, sekarang sudah menjadi anak anak yang luar biasa. Bahkan, 11 orang diantaranya bisa meraih Nilai cumlaude," ujar Irwan bersama Ketua DPRD Fauzi Hasan.

Ucapan terima kasih tak lupa disampaikan Bupati kepada pihak Universitas Gadjah Mada yang telah mendidik putra-putri Meranti itu sehingga berhasil lulus di UGM, salah satu Universitas terbaik di Indonesia.

Dikatakan Bupati Irwan, Program Studi Vokasi kerjasama antara Pemkab Meranti dan Universitas Gajah Mada ini merupakan kesempatan luar biasa yang diberikan oleh anak daerah. Karena kesempatan ini belum tentu dapat dilakukan lagi pada tahun-tahun berikutnya. Apalagi akibat terjadi rasionalisasi anggaran APBD yang cukup besar dampak dari semakin kecilnya DBH Migas di Meranti.

"Ini semua adalah rezeki dari anak-anak kami, karena program yang sama belum tentu bisa kita dapatkan pada tahun-tahun berikutnya. Apalagi dengan banyaknya pemangkasan anggaran APBD kita," tuturnya.

Meski begitu, Pemkab tetap berupaya menguliahkan putra-putri Meranti, yakni dengan memberikan beasiswa kepada 20 orang hasil seleksi terbaik pada program Diploma I di Batam Tourisme Polytecnic (BTP). "Tahun ini kita hanya mampu memberikan beasiswa kepada 20 orang yang akan menjalani perkuliahan Diploma I di BTP Batam," sebut Irwan.

Sejak beberapa tahun terakhir Pemkab Kepulauan Meranti telah memberikan beasiswa kepada 120 orang anak daerah. Diantaranya, 30 orang di Institute Teknologi Bogor (ITB) yang saat ini sudah berhasil menjadi tenaga Penyuluh Pertanian di Meranti, 30 orang di Politeknik Bandung dan sudah bekerja sebagai pegawai kontrak di Dinas PU Meranti, dan 30 orang di UNRI.

Helmi Sari yang mewakili seruluh orang tua para wisudwan dan wisudawati mengucapkan terimakasih Pemkab Kepulauan Meranti yang telah memberikan kesempatan emas kepada putra-putri mereka sehingga berhasil menyelesaikan kuliah.

"Kami harap program serupa tetap dilanjutkan agar anak-anak kami lainnya di kampung dapat kesempatan serupa," ucap Helmi.

Dekan SV  UGM Wikan Sakarinto mengatakan, dengan diwisudanya putra-putri Meranti di UGM, nantinya mampu menjadi anak-anak yang bisa membangun diri dengan bekal yang telah didapatkan di bangku kuliah.

"Lulusnya Putra-Putri Meranti ini, jujur karena di UGM kualitas yang kami utamakan. Setelah kembali nanti jangan lupakan kami. Jangan dijadikan kami sebagai mantan guru, karena tidak ada katanya mantan guru. Semoga anak-anak kami mampu membangun daerah Meranti lebih baik," ucapnya.

"Kami dari pihak kampus sangat mengapresiasi prestasi yang sangat membanggakan ini," tambah Ketua Departemen Ekonomika dan Bisnis, Ike Yuli Andjani.

Adapun Mahasiswa yang meraih Predikat Cumlaude di UGM sebagai berikut; Mar'atul Azkiah, Rismanidar, Rafidah Balqis, Neti Herawati, Heny Rahmatullah, Risna Deswita Sari, Dini Destiana, Desta Afriyani, Nike Karella, Nita Putri Ana, dan Nila Septiana Wahyuni.(rls)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler