Kanal

Dihadiri Forkopimda Riau, Perayaan Natal Agung Oikumene Berjalan Meriah

RIAUIN.COM – Setelah dua tahun vakum akibat Pandemi Covid-19, perayaan Natal Agung Oikumene Umat Kristiani, TNI, Polri & ASN Provinsi Riau akhirnya dapat dilaksanakan pada tahun ini. 

Acara Natal Agung ini digelar di Grand Ballroom SKA Co-Ex, Selasa (27/12/2022) dengan mengangkat tema Natal yang dikutip dari ayat Alkitab Matius 2:12  “ Pulanglah Mereka Ke Negerinya Melalui Jalan Lain” dengan Sub Tema “Dengan Tuntunan Tuhan, Kita Bersatu Menjadi Berkat”.

Antusias umat kristen pada acara ini diluar prediksi pihak Panitia, terlihat dari umat yang hadir lebih dari 4.000 jiwa, membludak sampai keluar karena tidak mendapatkan tempat duduk.

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Riau, Kapolda Riau, Wakapolda Riau, Kajati, Danrem, Danlanud, Kakanwil Prov Riau, Ketua PBNU, Ketua DPRD Prov Riau, Ketua Pengadilan Riau, Kepala BNN prov Riau (Forkopimda), Aras-aras Gereja dan seluruh umat Kristiani dari berbagai Daerah.

Prosesi demi prosesi acara Natal Agung ini berlangsung dengan khidmat dan meriah dimulai dari bernyanyi bersama menaikkan lagu-lagu bertemakan Natal “Sembah dan Puji Dia, Hai Mari Berhimpun, Gita Sorga Bergema, dan lain sebagainya diiringi musik dan para penari. Dilanjutkan Persembahan Pujian, Koor dari berbagai denominasi Gereja, Liturgi, prosesi Penyalaan Lilin dan special performance dari Peparawi Jogja 2022.

Pengkhotbah pada acara ini adalah Mgr Vitus Rubianto Solichin, SX (Uskup Padang), Uskup menyebutkan bahwa keanekaragaman merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dirawat dan dijaga. Mari kita hilangkan prasangka buruk, bergandengan tangan dalam mewujudkan tata kehidupan bersama yang lebih bermartabat.

Gubernur Riau Syamsuar Msi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas undangan Panitia, dirinya merasa senang bisa hadir dalam perayaan Natal ini. 

Prov Riau terdiri dari multi etnis, index kerukunan beragama di prov Riau ini meningkat 4,63%, tahun ini investasi  di Prov.Riau juga meningkat lebih dari 100% dari yang diharapkan sehingga dapat menyerap lebih dari 50,000 tenaga kerja.

Kapolda Riau Irjen Pol M.Iqbal menyampaikan Selamat Hari Natal tahun 2022 kepada seluruh umat Kristiani yang merayakan. Iqbal berharap semoga melalui momentum ini memompa semangat kita untuk menjaga kerukunan dan meningkatkan toleransi antar sesama untuk mendukung percepatan peningkatan ekonomi di provinsi Riau.

Dilanjutkan ucapan selamat Natal dari Kajati Riau, Danrem 031 Wira Bima, Danlanud Roesmin Nurjadin, Kepala Kantor Pengadilan Agama Prov.Riau dan sebagainya.

Ketua Panitia Natal Kombes Pol Yos Guntur, SH,SIK, MH (Dirres Narkoba Polda Riau) mengucapkan selamat hari Natal dan menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung terselenggaranya perayaan Natal Agung malam ini dengan pantun “Anak Dara memakai kebaya, kebaya dipakai acara pesta, selamat Natal bagi kita semua, Immanuel Tuhan beserta kita,” ucapnya dan disambut dengan tepuk tangan dari para hadirin.

Acara terus berlangsung dengan kata sambutan dari Ketua BKGR Pdt.Dr Mukhlis Manao, Ia berpesan agar bersama-sama menjaga kerukunan umat beragama. Kehadiran Polisi sangat dirasakan oleh umat Kristen, Polisi dan TNI berperan penting dalam memberikan keamanan di acara perayaan Natal. 

Ia juga menyampaikan terimakasih atas dukungan Kapolda Riau Irjen Pol M.Iqbal, Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, Kabid Propam Kombes Pol Johanes Setiawan, Kabag Keuangan Polda Riau Kombes Pol Retno dan seluruh anggota Polda Riau dan TNI lainnya, acara malam ini terselenggara dengan memuaskan.

Diakhir acara, dilakukan kegiatan sosial penyerahan bantuan untuk panti Asuhan Kasih Bunda Bersama 11 anak dan 1 Ibu Panti. (*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler